Jawa Pos

The Macz Man Berikan Donasi dan Hibur Korban Banjir Bandang

Banjir bandang yang menyapu Masamba, Kabupaten Luwu Utara, pada 13 Juli lalu masih menyisakan duka bagi para korban. Masyarakat perlahan berusaha bangkit. Kelompok suporter PSM Makassar The Macz Man ikut ambil peran.

- WAHYU ANDINIA SRIKA,

TAK lama setelah banjir bandang memorakpor­andakan Masamba, The Macz Man langsung berinisiat­if melakukan penggalang­an dana. Mereka turun di jalan-jalan Kota Makassar untuk mengumpulk­an donasi. Tak hanya di Makassar, aksi tersebut juga dilakukan The Macz Man di kota-kota lain.

Hasil dari donasi itu kemudian dikumpulka­n jadi satu. Setidaknya dari donasi tersebut terkumpul uang hingga Rp 100 juta. Namun, The Macz Man tak memberikan bantuan dalam bentuk uang. Hasil donasi itu digunakan untuk membeli kebutuhan yang dibutuhkan para korban.

Tepat 28 Juli lalu, sekitar 30 perwakilan The Macz Man datang langsung ke Masamba untuk menyalurka­n bantuan. Mereka membawa dua truk yang berisi sembako dan macammacam kebutuhan korban banjir Masamba. Termasuk obat-obatan, pakaian bekas, popok bayi, hingga makanan ringan. ’’Kami memang langsung menyalurka­n bantuan ke lokasi, tidak melalui posko. Bukan berarti kami tidak percaya ya. Tetapi, kami memang ingin datang langsung sekaligus ingin tahu kondisi di sana dan kami ingin membantu meringanka­n beban mereka,” ucap Menteri Luar Negeri The Macz Man Arfan Hafid.

Di Masamba, The Macz Man tidak sekadar menyalurka­n bantuan. Mereka juga menghibur para korban. Terutama kepada anak-anak. Mereka memberikan hiburan gratis dengan menyanyika­n chant seperti saat mereka mendukung Wiljan Pluim dkk di stadion.

’’Jadi, kami juga membawa alatalat musik seperti saat kami mendukung PSM. Kami hibur warga dengan menari dan menyanyi. Sedikit hiburan untuk mereka. Alhamdulil­lah mereka tersenyum. Itu bayaran yang tak ternilai bagi kami,” jelas Arfan.

Berkat aksi sosial yang The Macz

Man lakukan untuk korban banjir Masamba, suporter tim berjuluk Ayam Jantan dari Timur itu mendapat apresiasi dari Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani. Setelah menyambang­i korban banjir, mereka mendapat undangan untuk datang ke kantor bupati.

’’Kami juga tidak tahu. Tiba-tiba saja saat kami ada di lokasi. Tetapi, tidak semua datang ke undangan Ibu Bupati. Hanya perwakilan saja,” tutur pria yang juga akrab disapa Om Appank tersebut.

Aksi sosial The Macz Man tidak berhenti sampai di situ. Rencananya, Minggu besok The Macz Man juga akan menyalurka­n bantuan kepada korban banjir di Kabupaten Wajo. Bentuk bantuan sama dengan yang diberikan kepada korban banjir Masamba. Hanya, nilainya sedikit berbeda.

’’Sampai sekarang (kemarin, Red) masih terkumpul Rp 30 juta. Alhamdulil­lah kami kan juga di-support oleh mitra kerja. Kami mendapat bantuan mobil boks untuk mengangkut bantuan. Kami juga akan turun untuk memberikan bantuan secara langsung kepada warga,” ucap Arfan.

Di sisi lain, tak hanya mengumpulk­an donasi dalam bentuk uang, The Macz Man juga menerima donasi berupa baju bekas. Banyak dari anggota The Macz Man, bahkan masyarakat Makassar, yang menyumbang­kan pakaian bekas mereka ke posko The Macz Man.

’’Jadi, sebelum kami salurkan, baju-baju tersebut kami sortir dulu. Kami pilih mana yang masih layak untuk dipakai. Mayoritas masih bisa digunakan. Kami juga memisahkan pakaian untuk anak-anak, ibu-ibu, dan bapak-bapak,” terang Arfan.

Sementara itu, tidak hanya peduli pada korban banjir, The Macz Man juga memperhati­kan situasi pandemi Covid-19. Saat turun ke jalan untuk mengumpulk­an donasi, The Macz Man juga bagi-bagi masker dan hand sanitizer kepada masyarakat Makassar. Hal itu diharapkan bisa membantu mengurangi angka persebaran Covid19 di Makassar.

 ?? THE MACZ MAN FOR JAWA POS ?? PEDULI BENCANA: The Macz Man ringan tangan membantu mereka yang kesusahan.
THE MACZ MAN FOR JAWA POS PEDULI BENCANA: The Macz Man ringan tangan membantu mereka yang kesusahan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia