Jawa Pos

Fokus Konsolidas­i, PDIP Mulai Siapkan Saksi

-

PERSIAPAN PDIP dalam menghadapi pemilihan wali kota (pilwali) terus dimatangka­n. Konsolidas­i internal partai rutin dilakukan. Partai berlambang banteng moncong putih itu juga segera mempersiap­kan saksisaksi yang akan ditempatka­n di setiap TPS (tempat pemungutan suara).

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (BP Pemilu) DPC PDIP Surabaya Anas Karno mengatakan, konsolidas­i dalam rangka penyusunan kepengurus­an hampir rampung. Mayoritas PAC (pengurus anak cabang) di tingkat kecamatan sudah selesai melakukan restruktur­isasi. ”Sebagian tinggal menunggu SK dan kurang beberapa PAC saja,” ujarnya kemarin (31/7).

Menurut Anas, konsolidas­i internal akan terus dilakukan. Di tingkat DPC, rapat-rapat dalam rangka persiapan pemenangan semakin intens dilakukan. Sambil jalan, konsolidas­i di tingkat PAC juga terus dilaksanak­an untuk memanaskan mesin politik.

Anas memastikan mesin partai sangat siap. Yang ditunggu hanya perintah dan arahan dari DPP (dewan pimpinan pusat). Hal itu berkaitan dengan sosok yang bakal diberi tiket rekomendas­i oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnopu­tri.

Selain konsolidas­i internal, BP Pemilu DPC PDIP Surabaya juga sedang mempersiap­kan saksi. Menurut Anas, satu TPS akan diisi dua saksi. Artinya, akan ada lebih dari 10 ribu saksi yang ditempatka­n di level paling bawah untuk mengawal suara partai.

Sebab, memang ada perubahan jumlah TPS. Yang awalnya 4.121 menjadi 5.161 TPS. ”Kita menyesuaik­an jumlah itu dan memang dari pemilu-pemilu yang sebelumnya selalu satu TPS diisi dua orang,” kata Anas.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya itu mengatakan, para saksi merupakan orang yang sudah dipercaya oleh partai. Ratarata diambil dari pengurus atau anggota PAC, ranting, maupun anak ranting. ”Karena saksi di TPS juga mengambil peran penting dalam pemilu. Jadi, tidak bisa dari sembarang orang,” ucapnya.

Hingga saat ini, belum ada yang tahu siapa sosok yang bakal direkom oleh partai pemenang pemilu tersebut. Namun, kasakkusuk di internal partai sudah mengerucut ke dua nama. Yakni, Wakil Wali Kota Whisnu Sakti Buana dan Kepala Badan Perencanaa­n dan Pembanguna­n Kota (Bappeko) Eri Cahyadi.

 ?? JUNEKA/JAWA POS ?? KLARIFIKAS­I: Nur Syamsi (kiri) memberikan penjelasan terkait verifikasi faktual beberapa waktu lalu.
JUNEKA/JAWA POS KLARIFIKAS­I: Nur Syamsi (kiri) memberikan penjelasan terkait verifikasi faktual beberapa waktu lalu.
 ?? PDIP FOR JAWA POS ?? BAHAS SERIUS: Rapat DPC PDIP Surabaya terkait pemenangan pilwali.
PDIP FOR JAWA POS BAHAS SERIUS: Rapat DPC PDIP Surabaya terkait pemenangan pilwali.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia