Jawa Pos

Ajak Anak Muda Cintai Batik

-

S U RABA YA, Jawa Pos–Sosial i t aL u x i e Dian d r a tak kehabisan ide untuk mengajak anak muda pakai batik. Salah satu cara yang telah dilakukann­ya adalah melakukan campaign lewat photo s h o o t dengan memakai batik bergaya modern. Semua itu dia lakukan agar milenial masa kini tidak malu untuk melestarik­an kain Nusantara. Karena sebenarnya batik juga bisa di padu padan kan dengan o u t fit apa pun agar terlihat lebih kekinian.

Wanita asli Surabaya itu mengatakan, batik adalah warisan tanah air yang luar biasa indah. ”Kita semua beruntung terlahir sebagai wanita Indonesia karena bisa menghias diri dengan keindahan batik yang kaya warna dan motif,” jelasnya kemarin (31/7). Karena itu, beberapa waktu lalu Luxie memutuskan untuk photo shoot di depan pesawat tempur dengan pakai selendang kain batik dari Ambon. Nuansa yang dipilih adalah merah.

Luxie memilih warna tersebut karena ingin memberi semangat kepada masyarakat Indonesia yang mungkin sudah lelah dengan musibah Covid-19. Dia ingin memberikan energi positif kepada orang-orang di sekitarnya bahwa meskipun situasi sedang sulit, kita harus bisa bangkit dan tetap produktif. ”Di sesi foto kali ini, saya juga ingin menunjukka­n batik Ambon yang punya ciri khas rempah-rempah dan parang,” kata pengusaha berlian itu.

Selain itu, yang membuat Luxie jatuh cinta dengan batik Ambon adalah warnanya yang beragam dengan bahan kain katun dan sutra. Agar terlihat lebih modern, penggemar dunia aviasi tersebut mengombina­sikan selendang batik dengan rok span panjang berwarna merah serta atasan cokelat muda yang press body. ”Memang saya selalu mix and match batik dengan gaya kasual supaya lebih banyak lagi yang tertarik pakai kain Nusantara. Tidak hanya digunakan saat acara resmi, batik juga cocok untuk hang out ataupun aktivitas santai lainnya,” urainya.

Wanita berusia 33 tahun itu punya tip agar batik Indonesia terlihat lebih modern ketika dipakai anak muda. ”Tabrakin aja dengan jins atau kaus. Pada dasarnya batik bisa dipasangka­n dengan segala outfit sehingga bisa memunculka­n kesan unik dan lebih manis,” terang Luxie.

 ?? LUXIE DIANDRA FOR JAWA POS ?? MERAH: Luxie Diandra photo shoot pakai selendang batik dari Ambon yang dipadupada­nkan dengan gaya kasual.
LUXIE DIANDRA FOR JAWA POS MERAH: Luxie Diandra photo shoot pakai selendang batik dari Ambon yang dipadupada­nkan dengan gaya kasual.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia