Jawa Pos

Letakkan Jabatan, Pilih Kubu Seberang

- MOCHAMAD SALSABYL ADN,

James Murdoch merupakan salah satu calon ahli waris aset konglomera­t media Rupert Murdoch. Sebagai putra mahkota, dia disebut-sebut akan memimpin News Corp, jaringan berita terbesar di dunia. Namun, pekan ini dia membuat keputusan besar. Dia memutuskan mundur total dari kerajaan media yang dibangun ayahnya tersebut.

PERBEDAAN pandangan ayahanak, tampaknya, tidak sesederhan­a seperti yang dibayangka­n. Apalagi jika perbedaan itu terjadi di ayah-anak taipan pemilik salah satu jaringan berita terbesar di dunia.

Hal tersebut terjadi di keluarga Rupert Murdoch. Jumat lalu (31/7) anak keempat dari pernikahan keduanya, James, mengundurk­an diri dari dewan direksi News Corp. Ini adalah jabatan formal terakhir yang dipegang dalam jaringan bisnis milik sang ayah.

Surat pengundura­n diri yang diserahkan ke News Corps ringkas. Seperti sekadar memo kepada pejabat lainnya. Namun, pria 47 tahun itu tegas menyatakan alasannya memutus karir yang sudah digeluti sejak 1996. ’’Saya mengundurk­an diri karena berbeda pandangan dengan kebijakan redaksi di kantorkant­or berita milik perusahaan dan sejumlah keputusan strategis lainnya,’’ ungkapnya menurut Associated Press.

Baik James maupun perwakilan­nya tak mau memaparkan kebijakan redaksi apa saja yang membuatnya marah. Atau, keputusan dewan direksi mana yang membuatnya frustrasi. Namun, banyak pihak menilai bahwa salah satunya terkait dengan isu climate change. Sudah bukan rahasia lagi Rupert Murdoch punya pandangan bahwa isu climate change terlalu dibesar-besarkan. Memang ada perubahan cuaca, tapi tidak berdampak bahaya seperti yang didengungk­an banyak ilmuwan.

Sementara itu, James berpendapa­t sebaliknya. Dia meyakini bahwa climate change adalah sesuatu yang serius dan harus ada upaya keras untuk meredam perubahan cuaca itu agar tidak membawa ke kepunahan manusia.

Salah satu contoh adalah pemberitaa­n media Australia di bawah News Corp awal tahun lalu. Yakni, terkait kebakaran hutan hebat yang melanda Australia. Jaringan Fox News dan media milik News Corp terkesan menghindar itu akibat dari climate change. Alihalih, mereka malah menyebut kebakaran tersebut terjadi karena memang ada pembakaran yang dilakukan manusia dan kemudian dampaknya tak terkendali.

James keras mengkritik kebijakan redaksi seperti itu. Apalagi, mediamedia milik jaringan berita ayahnya kerap memberi kesempatan tokoh yang tak percaya dampak perubahan iklim untuk berbicara. Salah satunya, Andrew Bolt, komentator politik News Corp Australia, yang sering mengatakan bahwa aktivis perubahan iklim hanya menyebar ketakutan.

’’James dan Kathryn (istri James,

Red) sangat kecewa penyangkal­an yang dilakukan kantor berita Australia. Padahal, bukti (dampak perubahan iklim, Red) sudah jelas,’’ ujar jubir pasangan tersebut kepada Daily Beast.

Selain itu, secara politik, James berbeda tajam dengan ayahnya. Ketika sang ayah dan jaringan beritanya kencang meng-endorse Donald Trump, James Murdoch dan istrinya malah memberikan donasi sebesar USD 1 juta (Rp 14 miliar) ke rival Trump dalam pilpres AS November mendatang, Joe Biden.

James memang terkenal sebagai pemberonta­k di lingkaran keluarga Murdoch. Pria kelahiran London itu tak pernah mendapatka­n gelar akademik. Dia sempat menimba ilmu perfilman dan sejarah di Harvard pada 1990-an. Namun, dia memutuskan untuk tak melanjutka­n pendidikan itu hingga saat ini.

Kendati demikian, James bekerja dengan cukup baik. Dia punya visi bisnis media yang jelas. Dia dikabarkan merupakan sosok yang membuat sang ayah tertarik dengan bisnis dotcom.

Dia pun dianggap berpotensi sebagai calon ahli waris selain sang kakak Lachlan Murdoch.

James pun sempat mengepalai 21st Fox, aset terbesar Rupert, selama empat tahun. Namun, jabatannya hilang setelah Rupert menjual sebagian besar aset perusahaan itu kepada Disney pada 2019. Tongkat kepemimpin­an Fox Corporatio­n yang diciptakan untuk menampung jaringan berita Fox pun diserahkan ke Lachlan yang notabene punya paham konservati­f seperti Rupert.

Saat ini, satu-satunya hubunganny­a dengan News Corps adalah posisinya anggota Murdoch Family Trust. Kelompok itu bisa memutuskan hal penting bagi News Corp maupun Fox Corporatio­n.

Namun, hal tersebut jelas tak akan membantuny­a untuk mengalahka­n sang kakak Lachlan. Kini James lebih fokus untuk mengembang­kan firma investasin­ya, Lupa Systems, yang didirikan pada awal 2019. Perusahaan fokus mendanai perusahaan start-up dan proyekproy­ek ramah lingkungan.

Arus medianya pun berubah. Oktober lalu, dia membeli Vice Media yang fokus ke generasi muda dan hiburan. Vice Media terkenal sebagai media dengan paham liberal.

Sedangkan keluarga Murdoch pun sepertinya tak acuh dengan keputusan James. ’’Kami berterima kasih terhadap jasa James selama ini. Kami doakan dia berhasil untuk pekerjaann­ya di masa depan,’’ ungkap Rupert melalui pernyataan resmi News Corp.

 ?? KEVORK DJANSEZIAN/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP ?? Saya mengundurk­an diri karena berbeda pandangan dengan kebijakan redaksi di kantor-kantor berita milik perusahaan dan sejumlah keputusan strategis lainnya.”
JAMES MURDOCH
KEVORK DJANSEZIAN/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP Saya mengundurk­an diri karena berbeda pandangan dengan kebijakan redaksi di kantor-kantor berita milik perusahaan dan sejumlah keputusan strategis lainnya.” JAMES MURDOCH
 ?? HANDOUT/STATE GOVERNMENT OF VICTORIA/AFP ?? BENCANA: Helikopter milik pemerintah membantu memadamkan api di daerah Victoria pada 31 Desember lalu. Salah satu alasan James Murdoch mundur dari News Corp adalah ketidakset­ujuannya pada media itu karena enggan menulis perubahan iklim sebagai penyebab musim kebakaran 2019–2020 Australia. Foto kanan, James Murdoch, putra Rupert Murdoch, memutuskan mundur dari perusahaan yang didirikan keluargany­a, News Corp.
HANDOUT/STATE GOVERNMENT OF VICTORIA/AFP BENCANA: Helikopter milik pemerintah membantu memadamkan api di daerah Victoria pada 31 Desember lalu. Salah satu alasan James Murdoch mundur dari News Corp adalah ketidakset­ujuannya pada media itu karena enggan menulis perubahan iklim sebagai penyebab musim kebakaran 2019–2020 Australia. Foto kanan, James Murdoch, putra Rupert Murdoch, memutuskan mundur dari perusahaan yang didirikan keluargany­a, News Corp.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia