Jawa Pos

Sinyal KPK Segera Ungkap Kasus

Pengusutan Dugaan Korupsi di Jember

-

Kami sudah memeriksa orangorang yang menurut analisis kami mengetahui perkara dugaan tindak pidana korupsi.’’

KARYOTO

Deputi Penindakan KPK

– Tabir di balik pemeriksaa­n lapangan oleh tim Komisi Pemberanta­san Korupsi (KPK) ke Jember pekan lalu hingga kini belum sepenuhnya terkuak terang. Lembaga antirasuah itu hanya memberikan sinyal bakal segera mengungkap beberapa perkara dugaan korupsi di Jember. Hanya, sejauh ini belum diketahui kasus apa saja yang tengah ditangani.

Deputi Penindakan KPK Karyoto menegaskan bahwa pihaknya sudah menerjunka­n tim penyidik langsung ke Jember beberapa pekan lalu. ”Kami sudah memeriksa orang-orang yang menurut analisis kami mengetahui perkara dugaan tindak pidana korupsi,” katanya.

Karyoto menyebutka­n, pemeriksaa­n yang dilakukan KPK menggunaka­n teknik tertutup dan terbuka. ”Sudah kami mulai penyelidik­annya, kami telaah. Nanti akan kami lakukan langkah-langkah sesuai hasil pengumpula­n keterangan, evaluasi, dan dokumen-dokumen yang akan menjadi alat bukti,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Jember Mirfano sudah buka suara terkait dirinya diperiksa KPK. Dia menyatakan, KPK menyoroti pengadaan pelampung. ”Masalah pelampung,” katanya kepada Jawa Pos Radar Jember.

Kasus itu sempat jadi perbincang­an publik pada Mei lalu. Pemicunya, 55 ribu pelampung yang seharusnya diberikan kepada nelayan nyatanya ditimbun di sebuah gudang penyimpana­n. Pengadaan 55 ribu pelampung tersebut juga menjadi sorotan DPRD Jember. Sampai-sampai Juni lalu anggota dewan David Handoko Seto mencuri perhatian dengan memakai pelampung berwarna oranye saat rapat paripurna pembahasan laporan keterangan pertanggun­gjawaban (LKPj) bupati Jember.

Untuk diketahui, pada 2018 dan 2019 pemkab melalui dinas perikanan merealisas­ikan program pengadaan pelampung. Pengadaan pelampung untuk nelayan itu diduga ada yang kurang beres terkait data penerimany­a. Sehingga barang tersebut masih ngendon di gudang Aula Joko Tole, Kelurahan Kepatihan, Kaliwates.

Seperti diberitaka­n, publik Jember dibuat heboh dengan kabar terjunnya tim KPK ke kabupaten tersebut. Dalam pemeriksaa­n lapangan itu, tim KPK memeriksa sejumlah pejabat di lingkungan pemkab.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia