Jawa Pos

Empat Jabatan Eselon II Kosong

-

SURABAYA, Jawa Pos – Daftar jabatan eselon II (setingkat kepala dinas) di lingkungan Pemprov Jatim yang lowong terus bertambah. Hingga kemarin (1/8), sedikitnya ada empat kursi yang belum diisi pejabat definitif.

Jumlah itu berpotensi bertambah hingga akhir Desember mendatang. Meski demikian, sejauh ini pemprov belum memastikan teknis pengisian jabatan-jabatan lowong tersebut.

Berdasar inventaris­asi Badan Pertimbang­an Kepangkata­n dan Jabatan (Baperjakat) Pemprov Jatim, saat ini sedikitnya ada empat jabatan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang kosong. Yakni, dinas lingkungan hidup, dinas kehutanan, dinas PU bina marga, dan badan perencanaa­n pembanguna­n daerah (bappeda). Dari empat OPD tersebut, baru satu yang sudah diisi pelaksana tugas. Yang lainnya belum terisi.

Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono mengatakan, pihaknya menginvent­arisasi instansi-instansi mana saja yang tak ada pejabat eselon II-nya. ”Hasil inventaris­asi disampaika­n ke gubernur,’’ ujarnya.

Hanya, Heru belum bisa memastikan skema apa yang akan diterapkan pemprov untuk mengisi jabatan-jabatan kosong tersebut.

”Itu merupakan kewenangan gubernur untuk mengambil langkah selanjutny­a,’’ ucap dia.

Sejauh ini, ada dua kemungkina­n yang dilakukan pemprov untuk mengisi jabatan kosong. Yakni, penjaringa­n dari aparatur sipil negara (ASN) yang sudah ada atau lewat mekanisme lelang jabatan.

Sejak era kepemimpin­an Gubernur Khofifah Indar Parawansa, pemprov melakukan mutasi pejabat eselon II jilid pertama pada Desember 2019. Dua bulan kemudian, Khofifah melantik pejabat eselon II untuk mengisi beberapa jabatan yang kosong.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia