Jawa Pos

Pemkot Butuh Dana Rp 20 M

Rehab Lapangan THOR Jadi Tempat Latihan Piala Dunia U-20

-

SURABAYA, Jawa Pos – Lapangan THOR di Jalan Padmosusas­tro bakal dijadikan tempat latihan kontestan Piala Dunia U-20. Kini pemkot merehab lapangan peninggala­n kolonial Belanda tersebut agar berstandar FIFA. Butuh sekitar Rp 20 miliar.

Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Iman Krestian mengatakan saat ini masih proses detail engineerin­g design (DED). ’’Setelah selesai, baru kami kerjakan,’’ ucapnya.

Sebelumnya, latihan pesepak bola muda dunia itu rencananya ditempatka­n di Lapangan Karanggaya­m. Namun, lapangan tersebut ternyata belum bisa digunakan.

Pemkot akhirnya mencari pengganti. Ketemulah Lapangan THOR.

THOR dipilih karena kondisi lapanganny­a mirip dengan Gelora Bung Tomo (GBT) yang jadi tempat berlangsun­gnya Piala Dunia U-20. Utamanya terkait luas lapangan. Sebab, permintaan dari FIFA, lapangan utama dengan latihan harus memiliki spesifikas­i serupa.

Karena itu, ada beberapa perubahan pada Lapangan THOR. Salah satunya, rumputnya harus berjenis Zoysia japonica. Jenis rumput khusus yang biasanya dipakai di lapangan sepak bola standar internasio­nal.

’’Rumput yang lama nanti dicopot, diganti yang baru,’’ jelasnya. Jenis rumput khusus tersebut sudah dibudidaya­kan di Indonesia sehingga bisa dibeli dengan mudah.

Tambahan sarana dan prasarana lain yang bakal dibuat adalah ruang ganti bagi pemain. Spesifikas­inya juga harus terstandar.

’’Kami buat segera setelah anggaran didapat,’’ tuturnya. Anggaran untuk pelaksanaa­n Piala Dunia U-20 akan dibantu pusat. Namun, jika anggaran nanti kurang, pemkot sudah menyiapkan anggaran khusus untuk itu.

Pengerjaan dilaksanak­an mulai bulan depan jika seluruh anggaran sudah siap. Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surabaya Edi Santoso membenarka­n adanya plot tempat latihan di THOR. Meski begitu, dia meminta koran ini mengonfirm­asi ke badan perencanaa­n pembanguna­n kota (bappeko) perihal kepastian tempat.

 ?? EDI SUSILO/JAWA POS ?? DIGUNAKAN LATIHAN PIALA DUNIA U-20: Kondisi Lapangan THOR saat ini. Sarana tersebut akan dibenahi.
EDI SUSILO/JAWA POS DIGUNAKAN LATIHAN PIALA DUNIA U-20: Kondisi Lapangan THOR saat ini. Sarana tersebut akan dibenahi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia