Jawa Pos

Kerahkan 3.100 Relawan untuk Tangani Narkoba

-

SURABAYA, Jawa Pos ‒ Peredaran narkoba di Surabaya semakin masif. Sasarannya adalah para remaja. Termasuk pelajar. Lokasinya pun susah terdeteksi. Sebagai pencegahan, Himpunan Putra-putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD) mengerahka­n ribuan relawan. Salah satunya di eks lokalisasi Dolly dan sekolah. Tujuannya menekan dan memberanta­s peredaran narkoba. Khususnya di kalangan remaja.

Ketua HIPAKAD Jatim Priyo Efendi mengatakan, 3.100 relawan itu sudah memiliki bekal untuk terjun ke lapangan. Sebab, pihaknya juga mengganden­g Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim. ’’Penyuluhan dan pelatihan sudah kami lakukan,’’ ucapnya saat melangsung­kan sosialisas­i dengan BNNP di Hotel Elmi kemarin pagi (1/8).

Pihaknya memastikan para relawan harus memiliki beberapa kriteria khusus. Salah satunya bersih dari narkoba. Mereka wajib mengikuti tes urine dari BNNP. Jika hasilnya positif, akan diproses dan pasti dikeluarka­n dari tim relawan. Termasuk dari keanggotaa­n HIPAKAD.

Ada beberapa sasaran yang menjadi fokus relawan. Priyo mengatakan, salah satunya area yang dianggap rawan. Misalnya, eks lokalisasi Dolly dan Sememi. Termasuk tempat pendidikan. Jadi, dalan waktu dekat pihaknya menjalin kerja sama dengan beberapa pihak. Mulai LPMK hingga kepala sekolah.

Tidak dimungkiri akan banyak tantangan yang terjadi. Salah satunya penerimaan masyarakat terhadap tim relawan. ’’Kami sudah petakan nanti dampaknya apa saja yang terjadi,’’ katanya.

Sementara itu, Kepala BNNP Jatim Brigjen Pol Bambang Priyambadh­a mneuturkan, relawan itu sangat membantu tugas BNNP. Relawan memiliki fungsi dobel. Yakni, alat pencegahan dan pengawasan. Termasuk bisa melakukan penangkapa­n asal lengkap dengan barang buktinya. ’’Tentu harus kordinasi dengan BNNP dan kepolisian,’’ paparnya.

 ?? DIPTA WAHYU JAWA POS ?? SEBELUM TERJUN KE WARGA: Brigjen Pol Bambang Priyambadh­a berbicara di depan relawan narkoba kemarin.
DIPTA WAHYU JAWA POS SEBELUM TERJUN KE WARGA: Brigjen Pol Bambang Priyambadh­a berbicara di depan relawan narkoba kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia