Jawa Pos

Open Space Harus Tuntas 17 Agustus

-

SURABAYA, Jawa Pos ‒ Tongkronga­n baru di pusat kota sedang disiapkan. Salah satunya di area kompleks Balai Pemuda. Di lokasi itu, open space dan bawah tanah disiapkan untuk area publik baru. Perpaduan klasik dan modern.

Kemarin pekerja sedang menyelesai­kan pembanguna­n di area open space. Pengerjaan area terbuka dikebut untuk mengejar target. Per 17 Agustus open space harus rampung. Target dikebut agar proyek area basement bisa rampung akhir tahun.

’’Kini menyelesai­kan penggarapa­n air mancur,’’ ucap Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Iman Krestian kemarin (1/8). Ada tiga air mancur yang disiapkan di kompleks peninggala­n kolonial tersebut.

Untuk air mancur, ada perubahan konsep awal. Mulanya, air mancur akan dibuat menari agar menarik pengunjung. Namun, konsep itu belakangan diubah. Air yang muncrat dibuat mirip spray. Yang menyebur merata. ’’Tujuan sebagai pendingin area,’’ jelasnya. Area terbuka di Balai Pemuda cukup terik saat siang. ’’Kalau spray air mancur, diharapkan ada nuansa percikan air di sekitar area. Membuat suasana sedikit lebih adem,’’ lanjutnya.

Kemarin pengerjaan konstruksi sudah sampai 90 persen. Tinggal finishing saja.

Waktu dua minggu masih cukup. Setelah selesai, seluruh pekerjaan akan difokuskan ke area basement yang prosesnya kini masih 75 persen. ’’Saat ini konstruksi juga sudah selesai, tinggal pasang elevator dan eskavator,’’ ucapnya. Setelah dua bagian itu selesai dipasang, baru dilakukan pengerjaan detail. Iman memastikan pengerjaan detail di area basement akan dibuat dengan pengerjaan terperinci. Jadi, butuh proses lumayan lama.

Meski begitu, sesuai dengan proyeksi, pengerjaan area yang bakal jadi tempat seni, pertunjuka­n, dan pameran UMKM itu bisa selesai akhir tahun dan bisa dinikmati warga Surabaya awal 2021.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? TENGGAT WAKTU: Pekerja menyelesai­kan pembuatan open space di kompleks Balai Pemuda.
DIPTA WAHYU/JAWA POS TENGGAT WAKTU: Pekerja menyelesai­kan pembuatan open space di kompleks Balai Pemuda.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia