Jawa Pos

ITS Gelar Kegiatan Internasio­nalisasi secara Daring

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pandemi Covid-19 tidak mengurangi langkah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk melakukan kegiatan internasio­nalisasi. Direktorat Kemitraan Global (DKG) ITS tetap menggelar program Teen Ideas serta Community and Technologi­calCamp(CommTECH)versi daring. Hal itu dilakukan karena ada pembatasan­mobilisasi­antarnegar­a.

Direktur Kemitraan Global ITS Assoc Prof Maria Anityasari mengatakan, program internasio­nalisasi bersifat tatap muka yang sudah direncanak­an jauh-jauh hari harus ditunda karena pandemi Covid-19. Seharusnya, pada Januari, setidaknya ada 88 mahasiswa asing yang akan datang untuk mengikuti kegiatan tersebut di ITS. ’’Namun, dikarenaka­n adanya pandemi, hanya 33 mahasiswa asing yang bisa datang,’’ katanya.

Maria menuturkan, pandemi bukanlah akhir bagi kegiatan internasio­nalisasi. Dalam waktu dekat ini, ada dua program yang direalisas­ikan. Yakni, Teen Ideas dan CommTECH 2020. Teen Ideas merupakan program kolaborasi baru antara ITS dan Universiti Malaysia

Perlis (Unimap). Program tersebut dimulai Rabu (29/7). Total pertemuan dilakukan enam kali dan diperkirak­an selesai pada 16 September.

Teen Ideas mengusung tema Kenormalan Baru dalam Kampus: Penerapan Teknologi Baru pada Masa Pascapande­mi Covid-19.

Maria menambahka­n, ada juga program CommTECH. Kegiatan tersebut digelar dua kali dalam setahun. Tujuannya, memperkena­lkan ITS sebagai salah satu kampus teknologi terbaik di Indonesia kepada masyarakat di seluruh dunia. Kegiatan itu akan digelar selama 12 hari mulai 3 Agustus. Tema yang diusung adalah Internet of Things (IoT) untuk Penerapan Kota Cerdas pada Masa Pandemi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia