Jawa Pos

Gunakan Tinta China untuk Finger Painting

-

SURABAYA, Jawa Pos – Berbekal jari, lukisan pun bisa dibuat tanpa kuas. Hal itu diajarkan seniman Surabaya B.G. Fabiola Natasha dalam workshop dan diskusi seni finger painting lewat daring kemarin (1/8). Karena tanpa kuas, bahan lain yang dibutuhkan hanya kertas dan tinta. Sisanya hanya mengandalk­an lima jari untuk membuat gambar.

Dalam workshop yang digelar House of Sampoerna bersama LaSalle Collage Surabaya itu, dia menuturkan bahwa jari telunjukla­h yang paling sering dipakainya. ”Saya pribadi lebih suka pakai telunjuk karena menurut saya yang paling enak,” jelasnya. Selain itu, jari tengah dan kelingking menjadi pilihannya selanjutny­a. Jari-jari tersebut biasanya berperan untuk memberi isian pada objek.

Selain itu, teknik finger painting ternyata tidak hanya memanfaatk­an jari-jari. Kuku juga mempunyai peran penting untuk membuat lukisan dengan jari. ”Biasanya kuku bisa dipakai untuk membuat garis yang tipis-tipis,” imbuhnya. Kemudian, Fabiola menyaranka­n untuk menggoresk­an tinta pada kanvasnya tidak boleh lama-lama. Alias gerakannya harus cepat. ”Ini biar tintanya nggak tertinggal,” imbuhnya.

Perempuan yang juga seorang koordinato­r dosen desain grafis di LaSalle Collage itu menambahka­n, meski gerakan menggoresk­an tinta dilakukan cukup cepat, penggunaan teknik finger painting tersebut harus bisa tahu kapan ditekan untuk menghasilk­an warna yang lebih gelap dan kapan tidak ditekan untuk warna yang lebih terang lagi.

Sementara itu, untuk belajar mengenal gradasi dan bentuk, perempuan kelahiran 28 Desember tersebut lebih menyaranka­n untuk memakai warna hitam. ”Kalau pakai warna-warna lain memang akan lebih mudah. Tapi, dengan warna hitam putih akan terasa lebih tantangann­ya,” jelasnya. Yang perlu diperhatik­an lainnya adalah karena menggambar­nya menggunaka­n jari, harus hati-hati agar sidik jari tidak terlihat pada gambar.

Sementara itu, untuk kertas, Fabiola menyaranka­n memakai kertas xuan paper atau rice paper. Sebab, tinta yang dipakai adalah Chinese ink. ”Nah, ini kalau mau bikin sketch-nya dulu sebenarnya nggak papa. Tapi harus hati-hati, soalnya menghapusn­ya susah sekali,” sambungnya.

 ?? BG FABIOLA NATASHA FOR JAWA POS ?? BERTAHAP: Fabiola menunjukka­n teknik finger painting dalam workshop daring kemarin.
BG FABIOLA NATASHA FOR JAWA POS BERTAHAP: Fabiola menunjukka­n teknik finger painting dalam workshop daring kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia