Jawa Pos

Kabar Palsu Bentrokan Antarormas di Bandung

-

INSIDEN pembakaran banner bergambar Rizieq Shihab pada Senin (27/7) diikuti kabar palsu. Tiba-tiba muncul berita telah terjadi bentrokan antara ormas Gerakan Jaga Indonesia (GJI) dan sejumlah ormas Islam di Bandung. Agar lebih meyakinkan, informasi itu dikemas dalam bentuk pamflet digital dengan mencatut portal berita kompas.com.

”Di kota bandung terjadi bentrok antara ormas gerakan jaga Indonesia (GJI-PDIP) dengan ormas-ormas Islam FPI, HTI, LPI pembela dan penjega pancasila, NKRI, dan ulama.” Begitu penggalan narasi dalam flyer yang disebar ulang akun Herry Oej pada 31 Juli 2020. Bukan hanya itu, akun Herry Oej menambahka­n sejumlah ucapan yang provokatif.

Kabar itu juga menyebutka­n, ada tujuh anggota ormas GJI dan PDIP yang meninggal dunia terkena sabetan pedang. Sedangkan dari pihak HTI, hanya satu orang yang menjadi korban luka sabetan pedang. Dua foto bangunan terbakar juga disertakan sebagai ilustrasi bahwa bentrokan itu terjadi sangat hebat.

Saat ditelusuri, sejak 27 Juli hingga kemarin tidak ada satu pun media arus utama yang memberitak­an bentrokan ormas di Bandung. Logo kompas.com ternyata dicatut. Sebab, portal tersebut tidak pernah memberitak­an bentrokan antarormas di Bandung.

Begitu juga halnya dengan foto kebakaran yang digunakan. Semuanya asal tempel. Misalnya foto beberapa orang dengan latar belakang bangunan terbakar pada malam hari. Ternyata merupakan potret aksi protes warga Amerika Serikat (AS) atas meninggaln­ya warga kulit hitam George Floyd. Foto itu pernah diunggah portal berita asal Inggris Daily Mail pada 31 Mei 2020.

Keterangan foto dari situs Getty Images itu menyebutka­n, orang-orang berdiri di dekat sebuah gedung yang terbakar selama protes yang dipicu kematian Floyd saat dalam pemeriksaa­n polisi. Lokasi pembakaran di Minneapoli­s, Minnesota, AS. Anda bisa membacanya di bit.ly/AksiGeorge.

Begitu juga halnya dengan foto kebakaran paling bawah. Penelusura­n menggunaka­n situs padanan gambar tineye.com mengarahka­n ke portal berita BBC pada 29 Mei 2020. Kebakaran itu terjadi di Minneapoli­s pada hari ketiga aksi protes atas kematian Floyd. Anda dapat membacanya di bit.ly/ BukanDiBan­dung.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia