Jawa Pos

154 Destinasi Wisata Mulai Reopening

Tahap Awal, Andalkan Wisatawan Lokal

-

SURABAYA, Jawa Pos - Perlahan tapi pasti, sektor pariwisata di Jawa Timur mulai bangkit. Banyak destinasi yang memiliki daya tarik wisata (DTW) mulai kembali beroperasi alias reopening.

Hingga saat ini, dari 969 DTW di seluruh kabupaten/kota di Jatim, sedikitnya ada 154 destinasi di 18 daerah yang sudah buka kembali. Jumlah tersebut masih berpotensi akan bertambah.

Data Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar) Jatim menunjukka­n tren pariwisata di provinsi ini mulai bangkit. Jumlah wisatawan yang berkunjung juga mencapai angka ratusan ribu.

Pencapaian itu masih bisa digenjot dengan memaksimal­kan destinasi wisata Jawa Timur. Destinasi tersebut tengah menjadi incaran wisatawan, terutama wisatawan lokal.

Sebab, menggaet wisatawan luar daerah/luar negeri sampai saat ini masih sulit. Syarat untuk melakukan perjalanan melalui jalur udara masih cukup rumit.

Masyarakat juga masih khawatir di masa pandemi Covid-19. Mereka mencari alternatif wisata yang dekat dan aman. ”Karena itu, saat ini menjadi peluang yang sangat bagus bagi destinasi wisata lokal,” kata Sekretaris Disbudpar Jawa Timur Tri Bagus Sasmito.

Saat ini, kata Bagus, yang perlu dibenahi adalah meyakinkan kepada publik bahwa destinasid­estinasi wisata di Jatim sudah aman dikunjungi. ”Karena itu, kami terus melakukan pendamping­an di lapangan. Kami membantu pelaku usaha meyakinkan masyarakat bahwa destinasi wisata mereka aman,’’ ucapnya.

Definisi aman adalah destinasi wisata tersebut menerapkan standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19. ”Karena itu, disbudpar juga melakukan pengawasan serta pemantauan di lapangan. Destinasi yang tidak konsisten dalam menerapkan standar protokol tersebut bisa mendapat sanksi,” katanya. Pemprov memang tengah getol kembali membangkit­kan sektor pariwisata di Jatim. Berbagai usaha promosi dilakukan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia