Jawa Pos

Seriusi Kembali Akses Tol–Puspa Agro

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Saat awal dibuka pada 2010, Puspa Agro, Sidoarjo, diproyeksi­kan bisa menjadi pusat agrobisnis. Bukan hanya level Jatim, melainkan juga bisa ke pasar internasio­nal. Hanya, target tersebut belum tercapai. Salah satu kendalanya adalah infrastruk­tur pendukung yang belum memadai, terutama jalan akses.

Situasi itu kembali mendapat perhatian pemprov. Terbaru, rencana mengoneksi­kan Puspa Agro dengan jalan tol trans-Jawa kembali diseriusi. Kemarin Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meninjau lokasi lahan yang sudah dibebaskan pemprov untuk merealisas­ikan rencana tersebut. ”Kunjungan ini untuk melihat langsung kondisi dan peta akses,’’ ucapnya.

Khofifah mengungkap­kan, pemerintah pusat menawarkan dana pinjaman untuk daerah. Dia ingin memanfaatk­an tawaran itu untuk kegiatan produktif. Salah satunya, pembanguna­n akses dari tol ke Puspa Agro.

Menurut rencana, akses baru tersebut menyambung ke jalan tol. Panjangnya sekitar 5 kilometer. Namun, ada kendala. ”Syarat interchang­e tol adalah 5 kilometer,’’ kata dia.

Sementara itu, titik penyambung­an interchang­e dengan pintu tol Waru Gunung hanya 2 kilometer. Pemprov masih akan berkonsult­asi dengan BPJT (Badan Pengelola Jalan Tol). ”Apabila usulan interchang­e disetujui, proyek bisa dilaksanak­an. Ditargetka­n 2 tahun sudah selesai,” katanya.

Sebenarnya, pemprov sudah membebaska­n lahan untuk akses tersebut. Namun, ada beberapa ruas yang masih memilih warga dan perusahaan. ”Kalau dibangun, perkembang­an Puspa Agro semakin pesat,’’ kata Komisaris Puspa Agro Erlangga Satriagung.

Selama ini, akses Puspa Agro masih melewati kawasan Kletek, Sidoarjo. Akses tersebut sangat sempit.

 ?? TORIQ S.KARIM/JAWA POS ?? CEK LOKASI: Gubernur Khofifah Indar Parawansa bersama rombongan meninjau lahan yang diproyeksi­kan menjadi akses Puspa Agro–tol.
TORIQ S.KARIM/JAWA POS CEK LOKASI: Gubernur Khofifah Indar Parawansa bersama rombongan meninjau lahan yang diproyeksi­kan menjadi akses Puspa Agro–tol.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia