Jawa Pos

Kekalahan Kesebelas

-

ORLANDO, Jawa Pos – Kedigdayaa­n Los Angeles Lakers (yang mengalahka­n LA Clippers pada laga pertama NBA Restart Jumat lalu) seperti tidak ada apa-apanya di hadapan Toronto Raptors. Untuk kali ke-11 beruntun, tim yang identik dengan jersey ungu emas itu takluk di tangan Raptors. Sabtu malam (kemarin WIB) LeBron James dkk dihajar 92-107 oleh tim pendatang asal Kanada tersebut.

Itu berarti, hampir enam tahun mereka tak pernah menang atas Raptors. Kali terakhir Lakers menang adalah pada 30 November 2014 di Staples Center, Los Angeles. Itu pun lewat overtime.

Kemarin dua mesin poin Lakers, LeBron dan Anthony Davis, macet di tangan tim dengan defense terbaik nomor dua tersebut. Game plan dari Head Coach Raptors Nick

Nurse sangat jelas. Matikan Davis, dan biarkan para pemain bench Lakers yang bekerja. Rencana itu dieksekusi dengan baik oleh Pascal Siakam dkk. Tak jarang Davis dikawal tiga pemain.

Rapatnya defense Raptors membuat pergerakan Davis – dan LeBron– terkunci total. Davis, yang saat melawan Clippers perkasa mencetak 33 poin, kemarin hanya bisa membukukan 14 angka. Field goal dia hanya 2 dari 7 tembakan. Capaian LeBron sedikit lebih baik. Dia membukukan 20 poin dan 10 rebounds. Tapi, Lakers mencetak rekor

field goal terendah musim ini. Hanya 35,4 persen!

’’Menurutku, ini sudah yang terbaik yang bisa kami lakukan,’’ kata LeBron sebagaiman­a dilansir ESPN. Raptors mulai menggila dan menguasai pertanding­an saat laga tersisa tujuh menit. Itu setelah Head Coach Lakers Frank Vogel mengistira­hatkan LeBron yang sudah turun 35 menit. Sejak itu, perolehan poin Raptors langsung melejit meninggalk­an Lakers sampai 10-0.

LeBron tampak benar-benar kecewa akan hasil ini. Itu dia perlihatka­n dengan langsung nyelonong meninggalk­an lapangan sendirian sebelum buzzer pertanding­an berbunyi.

’’Mereka (pemain Raptors, Red) terus melakukan double team kepada Anthony dan LeBron di area post,’’ cerita Kuzma. ’’Itu membuat beberapa pemain kami dalam posisi terbuka untuk menembak. Sayangnya, eksekusi kami sangat buruk,’’ lanjut dia.

Di kubu Raptors, Kyle Lowry menjadi bintang utama dengan donasi 33 poin dan 14 rebounds. Jumlah rebounds itu merupakan yang tertinggi sepanjang karir pemain 34 tahun tersebut. Sementara itu, forward muda OG Anunoby menambahi dengan 23 angka.

’’Kyle tampil sebagaiman­a Kyle biasa tampil malam ini,’’ puji Nurse. ’’Dia mencetak skor, beterbanga­n ke sana kemari mengambil setiap kesempatan. Dia kompetitif, dan menyelamat­kan kami di saat-saat kritis. Dia hebat,’’ tambah sang pelatih.

 ?? BILL BAPTIST/NBAE/GETTY IMAGES VIA AFP ?? DOMINASI: Point guard Toronto Raptors Kyle Lowry menembakka­n bola ke ring saat melawan LA Lakers di The Arena, ESPN WWoSC, Orlando, Florida, kemarin WIB.
BILL BAPTIST/NBAE/GETTY IMAGES VIA AFP DOMINASI: Point guard Toronto Raptors Kyle Lowry menembakka­n bola ke ring saat melawan LA Lakers di The Arena, ESPN WWoSC, Orlando, Florida, kemarin WIB.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia