Jawa Pos

Gowes Sehat Empaskan Panas dan Keringat

Akhir-akhir ini fenomena bersepeda sedang menjadi tren diberbagai daerah. Tren gowes tersebut sedang menjamur dikalangan masyarakat, mulai anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

-

BERSEPEDA merupakan salah satu bentuk olahraga yang rekreatif. Selain menjaga kebugaran tubuh, bersepeda dapat menjadi aktivitas pelepas penat yang menyenangk­an. Banyak manfaat kesehatan yang kita dapatkan dari bersepeda. Pertama, baik untuk kesehatan jantung karena gerakan mengayuh kedua kaki agar sepeda melaju. Gerakan tersebut memacu jantung untuk memompa dan membuat paru-paru mampu bekerja lebih baik. Kedua, mengurangi stres. Dengan bersepeda, setidaknya kita keluar dari rumah yang aktivitasn­ya monoton dan mungkin dapat memicu stres.Ketiga, bagus untuk membakar kalori. Seperti kegiatan olahraga lainnya, bersepeda dapat membakar kalori dengan gerakan kayuhannya.

Keempat, bagus untuk kekebalan tubuh. Sebab, naik sepeda termasuk olahraga aerobik yang baik untuk meningkatk­an sirkulasi darah sehingga bagus untuk jantung, paru-paru, peredaran darah, dan kekebalan tubuh.

Walaupun gowes termasuk kategori olahraga yang mudah dan aman, kita perlu mengetahui beberapa tip berikut agar olahraga gowes menjadi aman dan maksimal: Cek keadaan sepeda kita lebih dulu. Sebelum pergi bersepeda, ada baiknya kita memastikan sepeda dalam kondisi baik. Pengecekan ini tidak harus dilakukan setiap hari, tapi bisa dalam seminggu sekali. Saat pengecekan, pastikan rem dapat berfungsi dengan baik, mata rantai bersih dan terlumasi dengan baik, serta cek roda dan pastikan mereka tidak goyang. Terakhir, pastikan tekanan angin pada ban berada di kondisi yang pas. Kenakan atribut pelindung. Beberapa bagian tubuh yang paling rentan terluka bila jatuh dari sepeda adalah kepala, sikut, dan lutut. Jadi, kenakanlah atribut pelindung seperti helm serta pelindung siku dan lututagare­feknya tidak terlalu fatal jika kamu terjatuh. Kenakan baju yang nyaman. Jangan karena kita bersepeda untuk pergi ke kantor, lantas mengenakan kemeja atau rok bagi yang perempuan supaya tidak perlu mengganti baju dan menghemat waktu. Pakaian seperti itu akan menyulitka­n kita saat bersepeda. Jadi, kenakanlah baju yang nyaman serta bawahan yang bisa mendukung pergerakan kita saat menggowes sepeda. Kenakan sepatu. Tidak hanya pakaian, kita pun sebaiknya menggunaka­n alas kaki yang tepat saat bersepeda. Disarankan agar mengenakan sepatu yang datar agar kamu dapat lebih mantap dan nyaman saat menggowes maupun menahan sepeda saat ingin berhenti. Pastikan diri kita terlihat. Jika ingin bersepeda dimalam hari, kita harus ekstra berhati-hati karena kondisi jalan yang gelap sangat rawan terjadi kecelakaan. Jadi, pasanglah lampu pada sepeda dan gunakan baju berwarna terang atau berbahan glow in the dark agar bisa terlihat oleh pengguna kendaraan lain. Taati aturan lalu lintas. Saat bersepeda di jalan raya, patuhilah rambu lalu lintas. Biar aman, sebisa mungkin bersepeda di jalur khusus bagi pengendara sepeda atau ambil sisi kiri jalur lambat yang tidak terlalu padat kendaraan. Jangan lupa gunakan bel sepeda saat ingin memperinga­tkan mobil atau motor yang hendak lewat. Bawa identitas diri, telepon genggam, dan uang secukupnya untuk berjaga-jaga ketika sedang bersepeda. Jangan lupa membawa handuk kecil untuk membantu menyerap keringat ditubuh yang berlebih saat kita bersepeda.

Saat ini, ada inovasi terbaru yang ditawarkan PT Panca Talentamas berupa produk Bagus Sports Cooling Towel. Yakni, handuk penyejuk berkualita­s dengan bahan

polyester yang lembut, mudah digunakan, dan memiliki daya serap keringat 5 kali lebih cepat dan lebih kering dibanding handuk biasa. Selain bahannya yang lembut, handuk ini memberikan sensasi yang sejuk dan dingin saat dipakai sehingga efektif untuk mereduksi hawa panas yang dikeluarka­n tubuh saat berolahrag­a.

 ?? BAGUS FOR JAWA POS ?? SENSASI SEJUK DAN DINGIN: Selain bahannya yang lembut, Bagus Sports Cooling Towel efektif mereduksi hawa panas yang dikeluarka­n tubuh saat berolahrag­a.
BAGUS FOR JAWA POS SENSASI SEJUK DAN DINGIN: Selain bahannya yang lembut, Bagus Sports Cooling Towel efektif mereduksi hawa panas yang dikeluarka­n tubuh saat berolahrag­a.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia