Jawa Pos

Yasin-Gunawan Lapor Hari Ini ke Bawaslu

-

SURABAYA, Jawa Pos – Protes pasangan calon (paslon) independen Yasin-Gunawan terkait hasil verifikasi faktual (verfak) masih terus berlanjut. Hari ini (3/8) paslon yang mengangkat jargon Suramadu (Surabaya– Madura) itu akan membuat laporan resmi ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Gunawan mengaku sudah beberapa kali mendatangi kantor Bawaslu Kota Surabaya. Berkas-berkas yang dibutuhkan sudah disiapkan. ”Besok (hari ini, Red) pasti. Sudah siap semuanya,” ujarnya kemarin (2/8).

Diamengaku­kecewadeng­anhasilrek­apitulasi verfak yang telah dilakukan KPU Kota Surabaya. Sebab, banyak data yang dianggap tidak memenuhi syarat (TMS). Selain itu, pihaknya kecewa karena tidak diberi tahu data mana saja yang dianggap TMS.

Selain itu, ada beberapa hal yang dianggap janggal. Salah satunya, proses verfak dianggap belum menyeluruh. Sebab, kata Gunawan, keluargany­a yang notabene mendukungn­ya dalam pencalonan sebagai wali kota tidak diverifika­si faktual.

Karena itu, dia menganggap pihak KPU tidak serius dalam melakukan proses verfak. ”Saya sendiri yang calon saja tidak diverfak, bagaimana orang lain? Lalu, ada informasi bahwa seribu orang diverfak dalam waktu satu hari. Itu tentu tidak masuk akal,” ucapnya. Karena itu, dia memastikan akan melanjutka­n perkara tersebut ke Bawaslu.

Secara terpisah, Komisioner KPU Kota Surabaya Suprayitno juga mengaku belum bisa memberikan komentar. Sebab, hingga kemarin pihaknya belum mendapat pemberitah­uan dari Bawaslu bahwa ada masalah atau laporan yang masuk.

 ?? PUGUH S./JAWA POS ?? TAK TERIMA: Yasin dan Gunawan di KPU.
PUGUH S./JAWA POS TAK TERIMA: Yasin dan Gunawan di KPU.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia