Jawa Pos

Atap Pustu Kandangan Berlubang

DPRKP CKTR Bakal Turunkan Satgas untuk Memperbaik­i

- –

SURABAYA, Jawa Pos Puskesmas Pembantu (Pustu) Kandangan, Benowo, butuh perhatian ekstra. Beberapa bagian atap pustu tersebut berlubang. Lantainya juga retak. Jika dibiarkan, kondisi itu bisa membahayak­an tenaga kesehatan (nakes) hingga pasien yang tengah beraktivit­as di pustu.

Kasianings­ih Saleka, petugas jaga loket Pustu Kandangan, menyampaik­an bahwa beberapa kali pustu telah didatangi tim dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terkait laporan atap yang berlubang. Namun, perbaikan atap tidak optimal. ’’Hanya ditultul (ditambal, Red) di bagian atap yang lubang ya,’’ tuturnya kepada Jawa Pos.

Saat hujan dengan intensitas tinggi, airnya masuk ke pustu melalui atap yang berlubang. Kasianings­ih khawatir kondisi itu membahayak­an dirinya dan orang lain di pustu. Dia menyebutka­n, selama ini aktivitas pustu berjalan normal. ’’Nggak ada yang kenapa-kenapa sih. Syukurnya itu,’’ ucapnya.

Nah, selain atap berlubang dan lantainya retak, Kasiningsi­h mengungkap­kan bahwa halaman depan pustu juga perlu dipaving. Sebab, menurut dia, beberapa pasien yang datang ke pustu menggunaka­n motor rawan terpeleset saat musim hujan.

Secara terpisah, bidan di Pustu Romokalisa­ri Wahyu Setyowati mengatakan, sebelum direnovasi, kondisi Pustu Romokalisa­ri memprihati­nkan. Terlebih pustu sering banjir ketika musim hujan. Kemudian, tembok pustu juga tampak rapuh. ’’Waktu ada rob dari Teluk Kali Lamong, pustu terendam,’’ paparnya kepada koran ini.

Pustu di Dukuh Kalitangi, Kelurahan Romokalisa­ri, Kecamatan Benowo, itu direnovasi pemkot melalui satuan kerja (satker) dinas perumahan rakyat dan kawasan permukiman, cipta karya, dan tata ruang (DPRKP CKTR) pada 2018. Saat ini, kata Wahyu, yang dibutuhkan pustu bukan lagi renovasi. ’’Pustu Romokalisa­ri perlu papan petunjuk lokasi. Seperti di Pustu Kandangan,’’ jelas perempuan yang bekerja sebagai bidan di Pustu Romokalisa­ri sejak 2011 itu.

Kepala Bidang Bangunan DPRKP CKTR Iman Krestian menanggapi terkait atap Pustu Kandangan yang berlubang. Dia mengatakan, pihaknya belum mendapatka­n laporan terkait atap pustu yang lubang. ’’Kami segera follow up, ya,’’ ujarnya. Jika ada laporan kerusakan, lanjut dia, tim satgas DPRKP CKTR akan melakukan perbaikan.

 ?? DIMAS NUR APRIYANTO/ JAWA POS ?? RUSAK: Kondisi atap Pustu Kandangan yang berlubang saat difoto kemarin. Kerusakan itu sejatinya sudah beberapa kali diperbaiki.
DIMAS NUR APRIYANTO/ JAWA POS RUSAK: Kondisi atap Pustu Kandangan yang berlubang saat difoto kemarin. Kerusakan itu sejatinya sudah beberapa kali diperbaiki.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia