Jawa Pos

Kampus Siap Sambut Penyandang Disabilita­s

-

SURABAYA, Jawa Pos – Universita­s Negeri Surabaya (Unesa) menjamin mahasiswa baru penyandang disabilita­s akan diterima dengan baik. Pandemi tidak lantas membuat mahasiswa penyandang disabilita­s telantar. Mereka akan tetap diberi fasilitas berupa pendamping belajar.

Pakar pendidikan anak berkebutuh­an khusus (ABK) Unesa Budiyanto menyatakan, kurikulum untuk mahasiswa penyandang disabilita­s sudah disesuaika­n. Kurikulum itu tersedia, baik bagi mahasiswa dengan hambatan intelektua­l maupun mahasiswa yang tidak memiliki hambatan intelektua­l. ”Kampus juga memiliki kebijakan afirmatif yang disesuaika­n dengan kondisi dan kebutuhan mahasiswa,” katanya kemarin (2/8).

Saat ini ada sekitar 80 orang pendamping mahasiswa penyandang disabilita­s di Unesa. Pada saat penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2020–2021, kampus akan mengadakan meeting untuk persiapan mahasiswa penyandang disabilita­s memasuki dunia perkuliaha­n. Mereka akan dikenalkan dengan fasilitas kampus, para volunter pendamping, serta akses ke Pusat Studi dan Layanan Disabilita­s (PSLD) Unesa.

Budiyanto mengaku belum memastikan format meeting yang akan dilakukan. Namun, yang pasti, meeting tersebut akan disesuaika­n dengan kondisi pandemi dan kondisi mahasiswa masing-masing. Penyesuaia­n

itu dilakukan agar tidak memberatka­n mahasiswa maupun volunter yang akan mendamping­i.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa Prof Dr Bambang Yulianto menyatakan, Unesa membuka jalur pendaftara­n mahasiswa baru khusus penyandang disabilita­s melalui jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB). Pada tahun akademik sebelumnya, para penyandang disabilita­s dipersilak­an masuk jalur SPMB lewat seleksi prestasi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia