Jawa Pos

Percantik Sekitar Jembatan Joyoboyo

-

SURABAYA, Jawa Pos Pemkot menyiapkan rencana penataan permukiman di Pulo Wonokromo. Tepatnya yang menghadap ke Kali Suroboyo. Kawasan tersebut bakal dijadikan kampung warna agar kesan kumuh hilang.

Belasan rumah sudah dicat dengan warna beragam. Ada yang merah, hijau, dan biru. Saat ini memang belum terlalu mencolok. Sebab, masih beberapa rumah saja yang diwarnai. ”Pengecatan dilakukan sejak tahun kemarin,” kata Camat Wonokromo Tomi Ardiyanto kemarin.

Tahun lalu pemkot memberikan bantuan cat kepada warga. Memang belum masif. Saat itu sasaran pengecatan bukan hanya di lokasi tersebut, melainkan juga di area Pasar Wonokromo. Khususnya rumahrumah yang berada di tepi frontage. Semua rolling door toko dicat. Termasuk tembok yang menghadap ke jalan sehingga terkesan menarik saat dilihat.

Hanya, tahun lalu dilakukan pembebasan lahan di sisi barat frontage. Akibatnya, beberapa bangunan digusur. Nah, ke depannya difokuskan di titik yang sama. Termasuk permukiman di bantaran Kali Suroboyo. ”Saat ini masih pending mengingat masih ada pandemi Covid-19,” terang Tomi.

Khusus untuk yang di permukiman, rencananya ada pengecatan secara masif.

Namun, untuk waktunya kapan, pihaknya belum mengetahui. Yang jelas, kawasan tersebut mendapat perhatian khusus. Kawasan itu akan dipercanti­k untuk dijadikan jujukan warga yang ingin selfie.

Terlebih, lanjut dia, tahun depan Jembatan Joyoboyo diperkirak­an rampung. Tentu itu menjadi ikon baru Surabaya. Dengan begitu, penataan lingkungan sekitarnya akan sangat dibutuhkan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia