Jawa Pos

Roda Dua Boleh Lewat Rungkut Menanggal

Warga Wadungasri Dalam Bantu Sosialisas­i ke Pengendara

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pembukaan Jalan Rungkut Menanggal memberikan dampak yang besar. Bukan hanya bagi pengguna jalan, melainkan juga sektor usaha. DPRD berharap pembukaan jalan itu juga dibarengi dengan pemberian fasilitas protokol kesehatan kepada warga dan pemilik usaha di sana.

Jalan Rungkut Menanggal dibuka sejak Sabtu (1/8). Perasaan lega diungkapka­n banyak pemilik usaha. Bisnis yang mereka jalankan kembali bisa bernapas. Begitu juga dengan masyarakat yang selama ini terdampak pengalihan lalu lintas tersebut. Mereka bisa lebih tenang. Ribuan kendaraan roda dua yang saat pagi dan sore menyesaki jalanan kampung bisa segera berkurang.

Untuk memastikan semua pengendara tahu, warga pun membantu untuk sosialisas­i. Misalnya, yang dilakukan penduduk Jalan

Wadungasri Dalam. Mereka yang berjaga di portal memberitah­ukan bahwa akses itu sudah beroperasi lagi.

Kaur TU dan Umum Desa Wadungasri M. Amin Tohar menyatakan, seiring dibukanya separo akses Jalan Rungkut Menanggal, buka tutup Jalan Wadungasri Dalam juga dihentikan. Namun, pihaknya mengimbau para pekerja agar bisa melintas di sana.

”Akan ada petugas yang jaga. Sekaligus memberitah­ukan kalau pengendara roda dua melintas di Jalan Rungkut Menanggal saja,” katanya.

Memang pihak desa sudah mengonfirm­asi Dinas Perhubunga­n (Dishub) Surabaya. Bahwa, khusus pengendara roda dua dari Sidoarjo menuju Surabaya diperboleh­kan melintas di Jalan Rungkut Menanggal. ”Namun, roda empat tetap melalui MERR,” katanya.

Kemarin memang motor bebas keluar masuk Surabaya. Petugas yang berjaga hanya menghentik­an mobil yang hendak masuk Surabaya. Pengendara mobil diarahkan untuk melalui MERR.

Pemkot juga bakal menambah perlengkap­an protokol kesehatan di kawasan Jalan Rungkut Menanggal. Salah satunya, tempat cuci tangan. Saat pembukaan jalan Sabtu lalu (1/8), sudah disurvei titik yang akan dipasangi tempat cuci tangan.

Sebelumnya, Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahyudraja­d mengungkap­kan, dibukanya jalan tersebut juga dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan untuk tempat usaha di sana. ”Dinas perdaganga­n dan kecamatan menyosiali­sasikan lagi seperti apa protokol kesehatan yang harus diterapkan,” jelasnya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? MASIH TERBATAS: Sejumlah pengendara sepeda motor dari arah Sidoarjo menuju Surabaya melintasi Jalan Rungkut Menanggal kemarin. Khusus roda empat masih harus melewati MERR. Sebaliknya, semua kendaraan dari arah Surabaya ke Sidoarjo boleh lewat.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS MASIH TERBATAS: Sejumlah pengendara sepeda motor dari arah Sidoarjo menuju Surabaya melintasi Jalan Rungkut Menanggal kemarin. Khusus roda empat masih harus melewati MERR. Sebaliknya, semua kendaraan dari arah Surabaya ke Sidoarjo boleh lewat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia