Jawa Pos

Hari Ini Terakhir, Potong 25 Ekor Sapi

-

SURABAYA, Jawa Pos − Beberapa petugas pengemas daging hewan kurban Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Surya tampak sibuk kemarin sore (2/8). Secara estafet, mereka menimbang dan mengemas daging sapi dalam besek.

Pelaksana Tugas (PLT) Dirut PD RPH Surya Bela Bima mengungkap­kan, hingga H+3 Idul Adha, RPH Surya sudah memotong 275 ekor sapi kurban. ”Senin ini masih ada kurang lebih 25 sapi lagi,” katanya kemarin.

Pemotongan hewan kurban tahun ini lebih banyak daripada sebelumnya. Tahun lalu jumlahnya sekitar 100 ekor. Sedangkan tahun ini mencapai 300 ekor sapi. Menurut dia, peningkata­n itu disebabkan warga merasa aman akibat protokol RPH terbilang ketat.

Karena jumlah hewan kurban banyak, pihaknya menyerap tenaga kerja dari masyarakat jauh lebih banyak dari tahun sebelumnya. ”Di luar karyawan RPH ya. Ada sekitar 70 orang yang dikaryakan sebagai tenaga pengemas,” tuturnya.

”Covid-19 ini menuntut kita semua untuk aware,” ungkap alumnus ITS itu. Karena RPH memiliki spesialisa­si sapi, keseluruha­n sapi di RPH mendapat treatment khusus. Misalnya, vitamin dan obat-obatan serta melibatkan puluhan dokter hewan. ”Nah untuk besek, kami siapkan 10 ribu pak,” lanjutnya.

Pria yang sudah berkecimpu­ng selama 14 tahun di RPH Surya itu mengungkap­kan, tahun ini sapi terberat mencapai 1,2 ton. Ketika ditanya tentang pengiriman daging daging tersebut, dia mengatakan disebar ke seluruh Surabaya. Tapi, paling banyak ke panti asuhan di Surabaya. ”Senin ini terakhir. Semoga lancar dan tidak ada kendala,” ungkapnya.

 ?? AZAMI RAMADHAN / JAWA POS ?? HARI TERAKHIR: RPH Surya kebanjiran order penyembeli­han hewan kurban. Mereka merekrut lebih banyak warga sekitar untuk membantu.
AZAMI RAMADHAN / JAWA POS HARI TERAKHIR: RPH Surya kebanjiran order penyembeli­han hewan kurban. Mereka merekrut lebih banyak warga sekitar untuk membantu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia