Jawa Pos

Operasi Patuh, Tindak Remaja Bersajam

-

GRESIK, Jawa Pos - Satgas Penegakan Hukum Satlantas Polres Gresik bertindak tegas. Satgas yang bertugas melakukan penindakan sistem hunting dalam Operasi Patuh Semeru 2020 itu telah mengamanka­n tiga anak yang berusia belasan tahun. Anak-anak tersebut diamankan ketika melintasi exit toll Manyar lantaran nekat berbonceng­an tiga tanpa masker dan helm.

Mereka juga tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM) dan kelengkapa­n kendaraan lainnya. Melihat gelagat tiga remaja yang mengendara­i sepeda motor Honda Beat nopol W 5691 ZF itu, petugas bertindak cepat. Dua anggota satlantas, yakni Aiptu Aly Majid dan Aiptu Nyoman, langsung menggeleda­h mereka. Ternyata, petugas menemukan senjata tajam (sajam). Yakni, sebilah pisau dengan panjang 30 sentimeter.

Tiga anak itu berinisial SAW, 13; MIR, 14; dan adiknya, IR, 13. Semua remaja asal Sidoarjo tersebut kini menjalani pemeriksaa­n intensif. ”Tim Gakkum Penindakan Operasi Patuh Semeru menghentik­an kendaraan mereka karena membahayak­an bagi pengendara maupun orang lainnya. Karena mereka berbonceng­an tiga tanpa helm dan masker,” kata Kanit Turjawali Ipda Darwoyo yang mewakili Kasatlanta­s Polres Gresik AKP Yanto Mulyanto.

Setelah dihentikan, mereka tidak bisa menunjukka­n surat kelengkapa­n kendaraan. ”Tidak memiliki SIM. Mereka anak di bawah umur,” tegasnya.

Dua anggota satlantas melakukan penindakan dan menggeleda­h jok motor maupun tubuh anak-anak itu. Dari penggeleda­han tersebut, anggota menemukan sebilah senjata tajam. ”Sajam jenis pisau,” terangnya.

Satlantas Polres Gresik akhirnya menyerahka­n tiga anak itu ke Polsek Manyar untuk pemeriksaa­n lebih lanjut. Operasi Patuh Semeru dilakukan selama 14 hari dan akan berakhir 5 Agustus. Saat ini polisi telah melakukan penindakan tilang terhadap 1.399 pelanggar. Mayoritas pelanggar adalah pengendara roda dua yang tidak membawa surat kelengkapa­n kendaraan.

 ?? SATLANTAS POLRES GRESIK FOR JAWA POS ?? EFEK JERA: Anggota Satlantas Polres Gresik mengamanka­n anak-anak yang berbonceng­an tiga dan membawa sajam di exit toll Manyar pada Sabtu sore (1/8).
SATLANTAS POLRES GRESIK FOR JAWA POS EFEK JERA: Anggota Satlantas Polres Gresik mengamanka­n anak-anak yang berbonceng­an tiga dan membawa sajam di exit toll Manyar pada Sabtu sore (1/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia