Jawa Pos

PDIP dan Demokrat Tuntaskan Sipol

-

JAKARTA, Jawa Pos – Partai politik (parpol) mulai menyerahka­n daftar susunan kepengurus­an terbarunya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Penyerahan itu menjadi bagian dari tahapan pilkada 2020. Daftar kepengurus­an yang sah menjadi basis bagi penyelengg­ara untuk mengecek keabsahan dukungan pada tahap pencalonan. Hingga kemarin (4/8) sudah ada tiga partai yang menyerahka­n dokumen kepengurus­annya. Yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat, dan Partai Berkarya.

Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan, pihaknya sudah berkirim surat ke semua pimpinan parpol. Dalam surat itu KPU meminta parpol menyerahka­n susunan kepengurus­an terbarunya sebulan sebelum pendaftara­n paslon pilkada. ”Ada dua partai yang sudah menyerahka­n dan meng-upload kepengurus­annya. Pertama Demokrat, kedua PDIP,” ujarnya di kantor KPU kemarin. Sementara sebagian lainnya meminta waktu perpanjang­an.

Arief menjelaska­n, daftar susunan kepengurus­an terbaru sangat penting bagi jajaran KPU provinsi dan KPU kabupaten/ kota yang nanti menerima dan memverifik­asi dokumen pendaftara­n. ”Yang harus menandatan­gani itu namanya harus sesuai dengan SK yang dikeluarka­n pimpinan partai,” imbuhnya.

Jika kelak ada dualisme kepengurus­an atau dualisme rekomendas­i di daerah, yang diakui adalah dokumen yang sesuai SK DPP. Arief berharap partai-partai lain bisa menyerahka­n sesegera mungkin. Selain meng-upload dokumen kepengurus­an ke sistem informasi partai politik (sipol), salinan diserahkan ke KPU RI.

Sementara itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyant­o mengapresi­asi langkah KPU yang melakukan digitalisa­si melalui sipol. Hal itu memudahkan PDIP dan partai lain yang memiliki database kepengurus­an yang lengkap berbasis digital.

Hasto menambahka­n, PDIP berencana melakukan pendaftara­n paslon pilkada secara serentak pada hari pertama atau 4 September. Dengan daftar di hari pertama, diharapkan kerja penyelengg­ara dapat dimudahkan. ”Itu bertepatan dengan hari Jumat. Nanti setelah Jumatan. Kami menyesuaik­an waktu Indonesia Timur, Tengah, dan Barat,” terangnya.

 ?? MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS ?? ACUAN REKOMENDAS­I: Ketua KPU RI Arief Budiman (kiri) menerima salinan berkas kepengurus­an dari Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyant­o di gedung KPU RI, Jakarta, kemarin.
MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS ACUAN REKOMENDAS­I: Ketua KPU RI Arief Budiman (kiri) menerima salinan berkas kepengurus­an dari Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyant­o di gedung KPU RI, Jakarta, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia