Jawa Pos

Pabrik KA Terbesar Sudah 93 Persen

-

BANYUWANGI, Jawa Pos – Setelah sempat terhenti selama tiga bulan, proyek pembanguna­n workshop PT Inka kembali bergulir. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kemarin (4/8) melihat langsung progres pembanguna­n pabrik kereta terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

Selain menyaksika­n progres pembanguna­n, Anas menemui Direktur Operasi PT Inka (Persero) I Gede Agus Prayatna. Selain itu, Anas melihat dari dekat bagaimana penyerapan tenaga kerja dalam pembanguna­n tersebut. Termasuk memastikan agar arsitektur lokal Banyuwangi tetap ada dan sesuai dengan konsep awal pembanguna­n.

”Kami ingin melihat langsung bagaimana progres pembanguna­n, ternyata saat Covid-19 sempat membuat delay selama tiga bulan,” kata Anas.

Pemkab ingin memastikan semua tempat di Banyuwangi adalah destinasi. Karena itu, penggunaan arsitektur Osing menjadi salah satu ciri khas yang wajib ada untuk semua bangunan di Banyuwangi, terutama bangunan baru.

Di industri kereta api tersebut, juga akan dibangun museum perkeretaa­pian sebagai destinasi wisata baru. ”Kami ingin Inka tidak hanya sekadar industri, tapi juga membawa kekayaan peradaban dan kebudayaan daerah. Adanya museum akan menjadi destinasi wisata teknologi dan edukasi. Semuanya masih on progress,” kata Anas.

Industri kereta api itu dikembangk­an PT SII yang merupakan perusahan kongsi

(joint venture) antara BUMN PT Inka dan perusahaan kereta api dunia Stadler Rail Group dari Swiss. Pabrik di Banyuwangi akan menjadi pabrik kereta terbesar di Asia Tenggara dengan investasi Rp 1,6 triliun. Pabrik itu berfokus menggarap pesanan ekspor kereta ke Asia, Australia, dan Afrika.

Direktur Operasiona­l PT Inka I Gede Agus P. menyatakan, saat ini progres pembanguna­n workshop pabrik kereta api Banyuwangi mencapai 93 persen. Akibat pandemi, target awal yang harusnya rampung pada Agustus, kini mundur hingga Oktober.

 ?? RAMADA KUSUMA/JAWAPOS RADAR BANYUWANGI ?? SEGERA SELESAI: Pembanguna­n pabrik kereta api PT Inka di Ketapang, Kalipuro, sudah mencapai 93 persen.
RAMADA KUSUMA/JAWAPOS RADAR BANYUWANGI SEGERA SELESAI: Pembanguna­n pabrik kereta api PT Inka di Ketapang, Kalipuro, sudah mencapai 93 persen.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia