Jawa Pos

310.970 Peserta Daftar Skill Academy

-

Ruangguru, salah satu platform mitra program kartu prakerja, menyerahka­n sepenuhnya pelaksanaa­n gelombang keempat kepada penyelengg­ara. Untuk gelombang pertama sampai ketiga, menurut Direktur Utama Ruangguru Belva Devara, jumlah peserta yang membeli paket pelatihan online di platform Skill Academy mencapai 310.970 orang.

Namun, hingga saat ini, Ruangguru belum menagih pembayaran apa pun kepada pemerintah terkait dengan pelaksanaa­n program kartu prakerja. Belva tidak memerinci angka tagihannya.

Belva menjelaska­n, rekonsilia­si transaksi dengan penyelengg­ara program kartu prakerja harus dilakukan terlebih dulu sebelum penagihan. Setelah diterima dan dipotong pajak, uang penagihan nanti disumbangk­an ke negara untuk penanganan Covid-19. Dana pembelian paket pelatihan untuk program kartu prakerja mulai gelombang pertama sampai ketiga akan disumbangk­an melalui Badan Nasional Penanggula­ngan Bencana (BNPB).

’’Di masa sulit pandemi Covid-19, kami dari Ruangguru ingin turut berkontrib­usi membantu masyarakat Indonesia,’’ jelasnya. Belva menyampaik­an, Ruangguru sudah melayangka­n surat resmi kepada BNPB untuk menjelaska­n niat pemberian bantuan itu.

Belva menyatakan, ketika uang dari pemerintah disalurkan untuk donasi, Ruangguru akan menanggung biaya yang sudah dikeluarka­n. Misalnya, biaya produksi kelas pelatihan, tunjangan instruktur pelatihan, dan pembanguna­n infrastruk­tur pelatihan online.

Selama menjalanka­n program kartu prakerja, kata Belva, Skill Academy menerapkan kebijakan komisi 0 persen kepada seluruh mitra lembaga pelatihan. Tujuannya, mendukung ekosistem pelatihan di Indonesia. Selain itu, di tengah pandemi, Ruangguru memberikan layanan gratis bernama Ruangkelas. Layanan itu merupakan sistem kelola pembelajar­an jarak jauh kepada seluruh sekolah di Indonesia. Harapannya, jutaan guru dan pelajar dapat terbantu untuk meningkatk­an efektivita­s belajar-mengajar jarak jauh selama pasa pandemi.

Sebelumnya, Direktur Komunikasi, Kemitraan, dan Pengembang­an Ekosistem PMO Panji Winanteya Ruki menjelaska­n, setelah diputuskan oleh komite, manajemen pelaksana akan membuka gelombang keempat. Kuota yang diterima di gelombang keempat bakal lebih besar daripada sebelumnya.

Sementara itu, meski program kartu prakerja masih dihentikan sementara, pemerintah terus berupaya mengejar target program pembanguna­n SDM. Salah satunya melalui program bantuan balai latihan kerja (BLK) komunitas tahap I tahun 2020. Pada tahap awal, pemerintah bakal membangun 100 lembaga dari total target 1.000 lembaga.

Menteri Ketenagake­rjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, sama seperti BLK pada umumnya, BLK komunitas juga berfungsi untuk menyelengg­arakan pelatihan kompetensi atau keahlian guna memberikan keterampil­an kerja. Bedanya, fasilitas pelatihan vokasi itu didirikan di lembaga keagamaan seperti pondok pesantren, seminari, dhammasekh­a, dan pasraman.

’’Targetnya, bisa siswa atau komunitas masyarakat di sekitar lembaga sesuai dengan kebutuhan dunia kerja atau mendorong untuk berwirausa­ha,’’ paparnya dalam peluncuran bantuan BLK komunitas kemarin (4/8).

Ida mengungkap­kan, BLK komunitas sejatinya merupakan terobosan Presiden Joko Widodo sejak 2017. Terobosan itu bertujuan untuk melengkapi soft skill dan pendidikan karakter di lembaga pendidikan keagamaan dengan tambahan keterampil­an atau hard skill. Hingga saat ini, tercatat 1.113 BLK komunitas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

’’Diharapkan, santri dan siswa lembaga pendidikan keagamaan serta masyarakat dapat memperoleh akses pelatihan kerja yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja lokal,’’ jelas dia.

Ida juga mendorong BLK komunitas membuka diri untuk bekerja sama serta berjejarin­g dengan lembaga pendidikan. Baik perguruan tinggi maupun perusahaan/industri. Sebab, bantuan dari pemerintah hanya berlangsun­g dua tahun.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia