Jawa Pos

Sasar Kaum Milenial dan Emak-Emak

-

SALAH satu segmen yang disasar tim relawan Eri Cahyadi adalah kalangan emak-emak dan milenial. Untuk itu, para simpatisan turun ke semua wilayah dan menggalang dukungan untuk pria yang kini menjabat kepala bappeko tersebut.

Rosikhin, tim relawan Eri Cahyadi, menjelaska­n bahwa dukungan terus bertambah. Mulai tingkat kecamatan, kelurahan, hingga RW. ”Tim relawan bekerja keras menambah dukungan,” terangnya.

Tak berhenti di situ. Pihaknya juga memasang target tinggi. Pendukung Eri harus tersebar di seluruh RT. Tingkat terkecil dari suatu wilayah. ”Targetnya, satu RT satu relawan,” ujarnya. Warga yang disasar sebagai relawan ditentukan. Target pertama, kaum milenial. Generasi muda yang ikut berperan aktif di lingkungan.

Untuk mendapatka­n simpati dari generasi milenial, Rosikhin punya cara jitu. Dia menerjunka­n relawan yang juga menjadi anggota karang taruna. ”Lewat pendekatan, akhirnya banyak anak muda yang bergabung dalam relawan,” terangnya. Misalnya, di Babat Jerawat. Tim relawan Eri beranggota mayoritas anak muda. ”Mayoritas anggota karang taruna,” ujarnya.

Target kedua, emak-emak. Ibu rumah tangga yang beraktivit­as di dalam rumah.

Tentu tak mudah mendapatka­n simpati dari kelompok itu. Butuh serangkaia­n kerja keras. Dari telaah, emak-emak bisa diajak bergabung. Salah satu caranya adalah dengan pendekatan lewat program. Juga mengenalka­n sosok Eri.

Rosikhin menuturkan, mayoritas emak-emak memiliki kesamaan. Yaitu, hobi menata lingkungan. Banyak yang mengabdika­n diri sebagai kader lingkungan. ”Kami dekati lewat kader lingkungan. Antusiasme emak-emak sangat besar,” jelasnya.

Rosikhin mengatakan, kaum milenial dan emak-emak merupakan potensi suara. Dukungan keduanya sangat dibutuhkan. Harapannya, Eri bisa memenangka­n pertarunga­n dalam pilwali.

Namun, pihaknya tidak menutup pintu bagi warga lain untuk mendukung Eri. Seluruh kalangan bakal dirangkul. Pasalnya, Surabaya merupakan milik seluruh warga. ”Ketika visi dan misinya sama mendukung Pak Eri, kami terbuka,” jelasnya.

Eri sendiri belum pasti menjadi bacawali. Dia menunggu rekomendas­i dari PDIP yang hingga kini belum turun. Selain Eri, ada nama Wawali Surabaya Whisnu Sakti Buana yang menunggu rekomendas­i. Karena dipastikan muncul di menit-menit akhir, tentu saja tim relawan Eri harus terus menggalang dukungan.

 ?? ALEX QOMARULLA/JAWA POS ?? GERILYA: Machfud (tengah) berpose dengan pendukungn­ya.
ALEX QOMARULLA/JAWA POS GERILYA: Machfud (tengah) berpose dengan pendukungn­ya.
 ?? RELAWAN ERY FOR JAWA POS ?? RAPATKAN BARISAN: Relawan Eri Cahyadi terus bergerak untuk menggaet suara.
RELAWAN ERY FOR JAWA POS RAPATKAN BARISAN: Relawan Eri Cahyadi terus bergerak untuk menggaet suara.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia