Jawa Pos

Bangun Asrama Baru yang Siap Tampung 700 Mahasiswa

-

SURABAYA, Jawa Pos – Universita­s Negeri Surabaya (Unesa) membangun rumah susun sederhana sewa (rusunawa) baru. Peletakan batu pertama rusunawa di kompleks Unesa kampus Lidah Wetan itu dilangsung­kan pada Senin (3/8). Unesa mendapatka­n dana bantuan dari Kementeria­n Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) untuk membangun proyek itu. Namun, pandemi membuat penyelesai­an proyek mundur dari yang seharusnya Desember 2020 menjadi pertengaha­n 2021.

Rusunawa tersebut terdiri atas tiga gedung yang tersambung dan membentuk letter U. Asrama khusus mahasiswa itu cukup untuk menampung 700 mahasiswa putra. Sementara itu, asrama untuk mahasiswi (asrama putri) selesai dikerjakan dan cukup untuk menampung 700 orang. Letaknya bersebelah­an dengan asrama putra.

Tiap gedung pada asrama putra terdiri atas tiga lantai. Rencananya, lantai 1 akan digunakan khusus bagi mahasiswa asing. ’Selama ini kami punya banyak program untuk mahasiswa asing. Saya berharap asrama ini nanti membuat mereka yang sudah di sini nyaman dan mampu menarik calon mahasiswa asing lainnya,’ jelas Rektor Unesa Prof Nurhasan kemarin (4/8).

Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sarana Prasarana Unesa Suprapto menambahka­n, luas gedung rusunawa tersebut 17,5 x 30 meter persegi. Rusunawa tersebut rencananya diutamakan untuk mahasiswa baru. Tujuannya, kampus dapat membangun karakter mahasiswa baru dengan lebih intens. ’’Jadi ini tidak hanya sebagai tempat tinggal. Tetapi, ada kegiatan-kegiatan pembentuka­n karakter yang pengelolaa­nnya berbasis seperti pesantren,’’ jelas Suprapto.

Di sisi lain, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim berpesan agar para mahasiswa memanfaatk­an masa pandemi sebagai masa untuk melatih resiliensi. Nadiem mengakui, gap atau ketertingg­alan belajar antarsiswa/ mahasiswa semakin terlihat pada masa pandemi ini. Jurang akses pendidikan antara si kaya dan si miskin, si anak desa dan anak kota, serta orang yang tinggal di Jawa dan luar Jawa, semakin melebar. Mahasiswa dapat membantu masyarakat untuk mengatasi hal itu. Misalnya, turut membantu tetanggany­a mengajari anak-anak sekolah dari rumah, meminjamka­n gadget pada anak-anak yang membutuhka­nnya untuk belajar.

 ?? UNESA FOR JAWA POS ?? BAKAL LEBIH LENGKAP: Gedung asrama putri Unesa yang sudah beroperasi. Kawasan rusunawa itu akan ditambah dengan gedung asrama putra yang ditargetka­n selesai dibangun tahun depan.
UNESA FOR JAWA POS BAKAL LEBIH LENGKAP: Gedung asrama putri Unesa yang sudah beroperasi. Kawasan rusunawa itu akan ditambah dengan gedung asrama putra yang ditargetka­n selesai dibangun tahun depan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia