Jawa Pos

Jalur Kemitraan Unair Masih Minim Pendaftar

Peserta TKA ITS Harus Siapkan Kecepatan Internet di Atas 5 Mbps

-

SURABAYA, Jawa Pos – Perguruan tinggi negeri (PTN) telah membuka pendaftara­n jalur mandiri. Di antaranya, Universita­s Airlangga (Unair) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Animo masuk PTN itu juga tinggi.

Di Unair, pendaftara­n jalur mandiri tinggal 4 hari. Hingga kemarin (4/8), jumlah pendaftar sementara jalur reguler mencapai 2.500 peserta untuk program sarjana. Sementara itu, kuota tahun ini mencapai 1.732 orang.

Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair Dr Achmad Solihin menyatakan, jalur mandiri reguler program S-1 mencapai 2.500 orang dan program D-3 mencapai 600 orang. Jumlah tersebut mungkin masih terus bertambah hingga ditutup pada 8 Agustus. ”Sementara untuk jalur kemitraan, masih ada 15 pendaftar,” katanya.

Tahun ini Unair membuka dua jalur mandiri. Yakni, reguler dan kemitraan. Kuota reguler mencapai 1.732 orang untuk 44 prodi. Sementara itu, kemitraan hanya untuk 767 orang dari 22 prodi. ”Jalur kemitraan ini masih sedikit yang mendaftar. Namun, sudah banyak yang tanya,” ujarnya.

Sementara itu, pendaftara­n jalur seleksi kemitraan dan mandiri (SKM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) hingga hari kedua kemarin mencapai 213 peserta. Sebanyak 45 orang di antaranya telah melakukan finalisasi.

Kepala Subdirekto­rat Admisi ITS Dr Eng Unggul Wasiwitono ST MEng Sc menyatakan, penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SKM bertujuan menjaring calon mahasiswa yang berkualita­s dan meningkatk­an kerja sama serta pemerataan kesempatan bagi calon mahasiswa.

Program SKM ITS ada dua jenis. Yakni, jalur seleksi kemitraan dan seleksi mandiri. Seleksi kemitraan diperuntuk­kan calon mahasiswa yang merupakan utusan instansi mitra yang mempunyai nota kesepahama­n (kerja sama) dengan ITS. ”Sedangkan seleksi mandiri diperuntuk­kan bagi masyarakat umum yang berminat,” katanya.

Direktur Pendidikan ITS Siti

Machmudah menambahka­n, antusiasme masyarakat untuk mendaftar jalur penerimaan mahasiswa melalui jalur SKM cukup tinggi setiap tahun. ”Dalam dua hari, pendaftar sudah mencapai 213. Perinciann­ya, 168 orang mendaftar belum finalisasi dan 45 sisanya sudah,” ujar dia.

Machmudah menjelaska­n, sistem seleksi SKM ITS akan didasarkan pada nilai UTBK 2020 atau nilai tes kemampuan akademik (TKA) ITS, nilai rapor, deskripsi diri, dan prestasi lainnya. Khusus peminat program studi desain produk industri, desain komunikasi visual, serta desain interior dari fakultas desain kreatif dan bisnis digital diharuskan mengunggah portofolio. ”Pengerjaan portofolio dijadwalka­n pada 21 Agustus,” ucapnya.

TKA ITS dilaksanak­an secara daring. Tes tersebut digunakan untuk menilai potensi dan kemampuan belajar calon mahasiswa. TKA ITS mengukur kemampuan verbal, kuantitati­f, logika, dan spasial. ”Peserta diharapkan mempersiap­kan kelengkapa­n tes seperti laptop dengan sistem operasi Windows 10, Webcam, akun Zoom Meeting, dan kecepatan internet di atas 5 MBps,” tuturnya.

Masih sedikit yang mendaftar di jalur kemitraan ini. Namun, sudah banyak yang tanya.’’

Dr ACHMAD SOLIHIN Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia