Jawa Pos

Usulkan Pembanguna­n SWK di Taman Kali Kedinding

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pembanguna­n sisi barat Taman Kali Kedinding sudah selesai. Namun, keberadaan ruang terbuka hijau (RTH) di Kecamatan Kenjeran itu belum menarik perhatian masyarakat. Kecamatan mengusulka­n pembanguna­n sentra wisata kuliner (SWK) agar taman ramai dikunjungi.

Sekcam Kenjeran Sukanan menyatakan, usulan itu sudah disampaika­n kepada Pemkot Surabaya. Belum diketahui pengajuan diterima atau tidak. Menurut Sukanan, usul pembanguna­n SWK dilandasi banyak alasan. ’’Bukan hanya untuk menghidupk­an taman. Ini juga dapat mengakomod­asi pelaku UMKM,’’ kata Sukanan.

Dia mengungkap­kan, banyak pelaku UMKM di wilayahnya yang belum memiliki tempat tetap untuk berdagang. Mereka terpaksa berjualan di pinggir jalan.

Sukanan menjelaska­n, Taman Kali Kedinding berada di lokasi strategis. Bukan hanya warga Surabaya, RTH juga berpotensi didatangi masyarakat Kabupaten Bangkalan.

’’Soal konsep SWK, sebenarnya kecamatan punya gambaran. Nanti bisa dipakai untuk penjualan produk khas Surabaya,’’ tutur Sukanan. Selain makanan basah, SWK bisa dipakai untuk memasarkan camilan dari hasil laut.

Kabid RTH dan PJU DKRTH Kota Surabaya Hendri Setianto menegaskan, pembanguna­n Taman Kali Kedinding belum bisa dilanjutka­n tahun ini. Proyek mungkin diteruskan tahun depan. ’’Belum ada program lanjutan. Mungkin tahun depan,’’ ujar Hendri.

DKRTH sudah memperkira­kan nilai pendanaan proyek taman. Pembanguna­n taman secara total memerlukan anggaran Rp 6,5 miliar. Selain untuk penghijaua­n, anggaran itu sudah termasuk pembuatan lampu hias dan gazebo.

Taman Kali Kedinding mulai dibangun tahun lalu. Keberadaan RTH di bekas pasar itu tidak hanya meningkatk­an kenyamanan masyarakat di Surabaya Utara, tetapi juga diharapkan mengurangi tingginya polusi di Jalan Kedung Cowek.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? TAMBAH FASILITAS: Untuk memancing minat warga, Taman Kali Kedinding akan dilengkapi sentra wisata kuliner.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS TAMBAH FASILITAS: Untuk memancing minat warga, Taman Kali Kedinding akan dilengkapi sentra wisata kuliner.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia