Jawa Pos

Rancang Pembelajar­an Tatap Muka Dimulai dari Angkatan Tertua

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemkot Surabaya berencana menggelar kembali pembelajar­an tatap muka pada tingkatan sekolah menengah pertama (SMP). Beberapa lembaga pendidikan pun mulai melakukan persiapan untuk mengikuti kebijakan tersebut. Tidak saja sekolah negeri, tapi juga lembaga pendidikan swasta seperti pondok pesantren (ponpes).

Sistem pembelajar­an tatap muka direncanak­an digelar di Ponpes Assalafi Al Fithrah Surabaya, Kenjeran. Pengurus lembaga pendidikan yang memiliki ribuan santri itu sudah melakukan berbagai persiapan. Termasuk, menyusun skema belajar santri di ponpes.

Pimpinan Ponpes Assalafi Al Fithrah Dr KH Muhammad Musyafa’ menjelaska­n, belum diketahui kapan ponpes akan menggelar pembelajar­an tatap muka. Hal itu bergantung banyak hal. ”Selain restu pendiri pondok, kami akan berkoordin­asi dengan pemerintah. Termasuk, tim gugus tugas Covid-19,” kata Musyafa’ kemarin (4/8).

Dia menjelaska­n, pengurus dan pengajar ponpes sudah melakukan simulasi. Ada protokol yang dibuat secara tertulis. Untuk merancang sistem pembelajar­an anyar, ponpes juga telah membentuk tim khusus. Mereka merupakan pengurus di bidang pendidikan. ”Yang pasti, kami juga mengutamak­an physical distancing saat pembelajar­an,” tambah Musyafa.’

Dia mengungkap­kan, santri akan dimasukkan secara bertahap. Paling awal adalah angkatan tertua atau setara mahasiswa. ”Nanti dievaluasi. Harapannya, pembelajar­an langsung bisa dilakukan hingga tingkatan paling bawah,” tegas Musyafa’.

Dia mengakui, bukan hal mudah menerapkan sistem tatap muka. Jumlah santri di Al Fithrah mencapai lebih dari tiga ribu orang. Sementara itu, mereka tidak saja berasal dari satu daerah. Ada yang berasal dari luar pulau dan negeri.

Musyafa’ menegaskan, sistem pembelajar­an tetap berjalan saat pandemi. Belajar-mengajar dilakukan via daring. Aktivitas dilakukan secara rutin setiap hari. ”Selain memakai aplikasi Zoom, kami memanfaatk­an YouTube,” tandas Musyafa’.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? SIAP-SIAP: Ponpes Assalafi Al Fithrah merancang langkah-langkah yang dilakukan jika pembelajar­an tatap muka sudah diizinkan pemkot.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS SIAP-SIAP: Ponpes Assalafi Al Fithrah merancang langkah-langkah yang dilakukan jika pembelajar­an tatap muka sudah diizinkan pemkot.
 ?? SEPTIAN NUR HADI/JAWA POS ?? SUDAH DITARGET: Polisi menunjukka­n barang bukti kejahatan Agus Budianto dan Fauzi di Mapolsek Asemrowo.
SEPTIAN NUR HADI/JAWA POS SUDAH DITARGET: Polisi menunjukka­n barang bukti kejahatan Agus Budianto dan Fauzi di Mapolsek Asemrowo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia