Jawa Pos

Bikin Skema Permudah Beli Tiket Online

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kebun Binatang Surabaya (KBS) telah dibuka sepekan. Jumlah pengunjung di lembaga konservasi itu masih tergolong sedikit. Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS bakal gencar melakukan sosialisas­i untuk mempermuda­h dan menarik pengunjung datang.

Direktur Utama (Dirut) PDTS KBS Chairul Anwar mengakui, selama sepekan KBS dibuka, jumlah pengunjung memang belum mendekati kuota harian. Meski begitu, ada peningkata­n jumlah dari awal pembukaan .’’ Selama sepekan, jumlah pengunjung sudah dua ribuan,’’ ujarnya kemarin (4/8).

Selama KBS dibuka, memang ada beberapa pengunjung yang belum mengetahui teknis pembelian tiket dan aturan yang ditetapkan pengelola. Misalnya, pembelian tiket secara online. Kadang ada pengunjung yang belum paham. Padahal, pengelola tidak menjual tiket secara offline. Selain itu, pengunjung datang rombongan. Ada juga yang berasal dari luar kota.

Bukan hanya itu, ada pula pengunjung yang belum tahu batasan usia selama soft opening KBS berlangsun­g. Salah satunya, tidak diperkenan­kan membawa anak berusia di bawah 5 tahun. ’’Akhirnya, mereka balik lagi karena memang tidak diperboleh­kan masuk.”

Terkait dengan kondisi tersebut, kini pengelola akan melakukan beberapa penyesuaia­n. Salah satunya mempermuda­h pembelian tiket lewat kerja sama dengan beberapa bank sekaligus. ’’Kalau sekarang masih menggunaka­n laman KBS, besok konsep e-ticketing-nya dipermudah. Saat ini sudah pengajuan kerja sama dengan bank,’’ terangnya.

Selain tiket, hingga saat ini KBS memang belum berencana melakukan perubahan. Teknis protokol kesehatan pengunjung yang masuk tetap berlaku. Termasuk beberapa persyarata­n usia. Langkah tersebut dilakukan pengelola agar KBS bisa menjadi percontoha­n sekaligus praktik masyarakat menyambut new normal.

Sebelumnya, Chairul menegaskan, dalam soft opening yang berlangsun­g hingga sebulan ini, pengelola tidak mengejar keuntungan. PDTS lebih berfokus menerapkan protokol dan mengedukas­i masyarakat.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? SEPI PENGUNJUNG: Agung mengajak Dimas, anaknya, melihat buaya koleksi KBS. Banyak warga yang belum paham bila harus membeli tiket secara online.
DIPTA WAHYU/JAWA POS SEPI PENGUNJUNG: Agung mengajak Dimas, anaknya, melihat buaya koleksi KBS. Banyak warga yang belum paham bila harus membeli tiket secara online.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia