Jawa Pos

Poli Eksekutif RSUD Buka Lagi

-

SIDOARJO, Jawa Pos - Setelah lebih dari satu bulan ditutup, layanan poli eksekutif RSUD Sidoarjo akhirnya dibuka kembali. Selama dua hari dibuka, antusiasme warga cukup tinggi untuk menggunaka­n layanan di sana. Lebih dari 50 pasien kemarin (4/8) mulai berobat di poli tersebut.

Direktur RSUD Sidoarjo dr Atok Irawan SpP menyatakan, poli eksekutif memberikan layanan kepada masyarakat lagi sejak Senin (3/8). Sejak awal pekan, poli telah dibuka kembali. Namun, belum semua pasien menggunaka­n layanan tersebut. ”Baru 40 persen,” katanya.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Sidoarjo dr Syamsu Rahmadi SpS menambahka­n, belum banyak pasien yang menguatkan layanan karena baru dibuka. Selain itu, ada pembatasan jam pelayanan. ”Sekarang dari pagi sampai siang saja,” katanya.

Sebelumnya, durasi layanan poli eksekutif lebih lama. Mulai pagi hingga malam. Namun, kini untuk sementara, tidak ada layanan saat malam.

Pihak rumah sakit, menurut

Syamsu, belum menentukan kapan layanan akan berubah lagi hingga malam. Pihaknya bakal melakukan evaluasi terhadap pengoperas­ian poli eksekutif pada tahap awal tersebut. Itu sambil menunggu perkembang­an kasus Covid-19 di Kota Delta.

Jika kondisi telah kondusif, tidak tertutup kemungkina­n bulan depan, layanan eksekutif kembali menerapkan jam layanan normal. Mulai pagi hingga malam. Selain itu, pihak rumah sakit membuka layanan konsultasi jarak jauh.

”Pasien dan dokter bisa berbicara melalui layanan di media sosial,” katanya. Misalnya, melalui video call dalam aplikasi WhatsApp. Hal itu dilakukan untuk memudahkan pasien. Terutama pasien yang memiliki jadwal rutin untuk kontrol di poli eksekutif.

Sementara itu, untuk pasien baru, mereka harus bertemu dengan dokter terlebih dahulu. Sebab, diperlukan pengecekan fisik untuk mengetahui kondisi awal mereka. Termasuk pasien yang membutuhka­n pemeriksaa­n dengan USG seperti warga yang tengah hamil.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia