Jawa Pos

Bagikan 2 Juta Masker untuk Warga Jabar

-

BANDUNG: Bantuan untuk penanganan Covid-19 bagi warga Jabar terus mengalir. Yang terbaru, Satgas Penanganan Covid-19 memberikan alat kesehatan kepada Pemprov Jabar. Bantuan itu berupa 2 juta masker, 500 baju hazmat, 500 kacamata medis, 1.260 pak disinfekta­n, dan 360 hand spray berukuran 360 ml.

Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyerahka­n langsung bantuan tersebut kepada Gubernur Jabar M. Ridwan Kamil di Gedung Negara Pakuan, Bandung, kemarin (6/8). ’’Kami ingin menyampaik­an terima kasih kepada Bapak Gubernur Jawa Barat yang telah menciptaka­n suasana sangat harmonis antara seluruh komponen yang ada sehingga seluruh kegiatan penanganan Covid di Jawa Barat bisa berjalan dengan baik,” ujar Doni.

Menurut dia, apresiasi tersebut perlu disampaika­n karena posisi Jabar yang cukup krusial pada skala nasional. Hal itu bisa dilihat dari status Jabar sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia dan kontribusi Jabar sebagai provinsi yang menyumbang sebanyak 20 persen dari total pendapatan negara.

Dia juga mengingatk­an bahwa selain krisis kesehatan publik, ada kemungkina­n Indonesia akan menghadapi masalah ekonomi. Karena itu, dibutuhkan penanganan yang bersifat paralel. Dia mencontohk­an analogi yang sebelumnya disampaika­n Presiden Jokowi terkait gas dan rem. ’’Sebagaiman­a yang selalu disampaika­n Bapak Presiden tentang gas dan rem. Jadi, kalau di daerahnya itu risikonya (persebaran Covid-19) rendah, gas (kegiatan ekonomi) itu bisa ditekan (diutamakan). Tetapi, kalau tingkat ancaman (persebaran Covid-19)nya meningkat, berarti remnya (penanganan kesehatan) yang ditekan (diutamakan),” tuturnya.

 ?? BNPB FOR JAWA POS ??
BNPB FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia