Jawa Pos

Risma Minta Semua Lapangan Latihan di Surabaya

- –

JAKARTA, Jawa Pos Pemkot Surabaya menunjukka­n keseriusan mereka menjadi salah satu kota penyelengg­ara Piala Dunia U-20 tahun depan. Selain proses renovasi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) mulai dilakukan, sarana pendukung seperti lapangan latihan berstandar FIFA pun sudah dipersiapk­an.

Kemarin (6/8) Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i bertemu Menpora Zainudin Amali. Dia datang untuk melaporkan seluruh persiapan di Surabaya. Termasuk keinginan agar lima stadion latihan berstandar FIFA tetap berada di wilayah Kota Pahlawan, tidak di luar kota seperti rencana awal.

’’Stadion insya Allah sudah ready ketika nanti ada kunjungan FIFA pada September. Tapi, untuk lima lapangan latihan, baru dua yang sudah siap pada September, tiga lainnya masih kami buat,’’ bebernya.

Dua lapangan latihan yang sudah siap untuk Piala Dunia U-20 adalah

Stadion Gelora 10 November (G10N) dan Lapangan THOR. Untuk Stadion G10N, Risma bahkan pede proses renovasiny­a hampir final. ’’Standar rumputnya sudah dalam proses, lampunya yang 1.200 luks sedang kami pasang. Bulan depan klir selesai semuanya,’’ paparnya. Untuk Lapangan THOR, tinggal pemasangan tribun dan lampu.

Risma mengatakan, yang jadi masalah adalah tiga lapangan lainnya. Rencananya, tiga lapangan itu dekat dengan Stadion GBT. Dia menyebut, saat ini tiga lapangan itu memasuki tahap pengerukan. November mendatang ditargetka­n selesai. ’’Tapi, karena ada pandemi Covid-19 dan keuangan kami diarahkan ke sana, sehingga ini agak delay,’’ ucapnya.

Karena itu, kedatangan­nya kemarin bertujuan agar Menpora Zainudin Amali bisa membantu. Setidaknya bisa menyelesai­kan delay yang terjadi karena anggaran untuk tiga lapangan itu diarahkan ke penanganan Covid-19. ’’Keputusan nanti di Kemenpora. Kami siapkan itu, dekat dengan Stadion GBT. Nanti bisa dipakai negara lain yang ketika musim dingin bisa latihan di Surabaya karena tiga lapangan itu berjejer kok,’’ bebernya.

Zainudin mengungkap­kan, menurut rencana awal, lapangan latihan ada di beberapa lokasi di luar Surabaya. Tapi, melihat adanya komitmen dari Pemkot Surabaya, pihaknya akan mengkaji. ’’Karena lapangan latihan yang disiapkan itu ada rencana jangka panjang. Itu akan kami komunikasi­kan dengan Kementeria­n PUPR. Semua tetap masih bisa dipegang, insya Allah akan terpenuhi,’’katanya.

Apakah GBT dan lima lapangan lain akan disterilka­n sebelum Piala Dunia U-20 berlangsun­g? ’’Piala Dunia itu properti FIFA, jadi FIFA yang akan menentukan,’’ tegasnya.

 ?? KEMENPORA ?? LAPOR KESIAPAN: Tri Rismaharin­i (kiri) dan Zainudin Amali memberikan keterangan kepada awak media kemarin.
KEMENPORA LAPOR KESIAPAN: Tri Rismaharin­i (kiri) dan Zainudin Amali memberikan keterangan kepada awak media kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia