Jawa Pos

Mencari Tunggal Keempat

-

JAKARTA, Jawa Pos – Menentukan skuad Piala Thomas dan Uber 2020 jelas bukan perkara gampang. Di sektor tunggal putra, pelatih kepala Hendri Saputra mengaku belum menentukan siapa saja pemain yang bakal diboyong ke Aarhus, Denmark, 3-11 Oktober mendatang.

Jika berdasarka­n peringkat, tiga tiket sudah jelas pemiliknya. Yakni Anthony Sinisuka Ginting yang menduduki peringkat ke-6 BWF, Jonatan Christie (7), dan Shesar Hiren Rhustavito (18). Namun, peringkat bukan satu-satunya faktor penentu. ’’Sampai saat ini kami coba terus tingkatkan (kesiapan) semua pemain sampai akhir bulan,’’ kata Hendri kemarin.

Sektor tunggal punya jatah empat pemain. Nah, ini yang jadi PR. Sebab, level pemain keempat Indonesia agak jomplang. Di luar tiga besar, yang peringkatn­ya paling tinggi adalah Chico Aura Dwi Wardoyo. Yakni, di posisi ke-75 dunia. Di bawahnya, ada Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay (92) dan Firman Abdul Kholik (125).

Waktu sekitar dua bulan ini bakal dimanfaatk­an Hendri sebaikbaik­nya untuk memoles pasukan. Mulai fisik, teknik, hingga mental para pemain. Tiga faktor itulah yang bakal sangat menentukan. Di Piala Thomas, Indonesia berada di grup A bersama Malaysia, Belanda, dan Inggris.

Ada kesamaan di antara ketiganya. Yakni, punya skuad pemain tunggal yang mumpuni. Jepang misalnya. Mereka memiliki pemain nomor dunia Kento Momota, Kanta Tsuneyama (11), dan Kenta Nishimoto (16). Tiongkok, sang juara bertahan, punya Chen Long (5) dan Shi Yu Qi (9). Sedangkan koleksi pemain tunggal tuan rumah sangat mengerikan. Yakni, Anders Antonsen (3), Viktor Axelsen (4), dan Rasmus Gemke (17).

 ?? PP PBSI FOR JAWA POS ?? OPSI TERBAIK: Chico Aura Dwi Wardoyo bertanding di PBSI Home Tournament (10/7). Dia berhasil menempati posisi ketiga.
PP PBSI FOR JAWA POS OPSI TERBAIK: Chico Aura Dwi Wardoyo bertanding di PBSI Home Tournament (10/7). Dia berhasil menempati posisi ketiga.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia