Jawa Pos

Louvre Belum Bisa Berlatih

-

JAKARTA, Jawa Pos – Indonesian Basketball League (IBL) sudah direncanak­an bergulir kembali pada 13–27 Oktober. Venue-nya adalah Mahaka Arena, Jakarta Utara. Pihak manajemen IBL berencana menggelar prasimulas­i pertama pada minggu ketiga Agustus. Namun, sejauh ini, ada beberapa klub yang masih sulit menggelar latihan.

Louvre Surabaya, misalnya. Tim dengan maskot buaya itu tidak bisa latihan di Kota Pahlawan lantaran kasus Covid-19 di Surabaya sangat tinggi. Owner klub Erick Herlangga menuturkan, pihaknya sudah berupaya menggelar latihan di luar Surabaya. Misalnya di The

Hawk Basketball, Tangerang Selatan. ’’Tapi belum boleh sama The Hawk,’’ curhatnya kemarin.

Dirut IBL Junas Miradiarsy­ah mengungkap­kan, pihaknya membantu tim berkoordin­asi dengan pemerintah daerah. Mereka ikut menjelaska­n soal rencana latihan yang akan dilakukan. Memang, kalau melihat peraturan umum, lanjut dia, olahraga indoor belum boleh dilakukan masyarakat umum.

Terdapat tiga poin yang dijelaskan pihaknya kepada pemerintah daerah. Pertama, yang akan latihan ini merupakan klub profesiona­l yang sudah memiliki protokol jelas. Termasuk sitem monitoring­nya. Kedua, latihan dilakukan dengan tertutup dan sangat terbatas, bukan dengan umum. ’’Para pemain dan yang terlibat telah melakukan tes (negatif Covid-19),’’ kata Junas.

Junas mencontohk­an, dirinya sudah menjelaska­n hal itu kepada Dispora DKI dan wali kota Jakarta Utara. ’’Mereka dapat memahami aktivitas perbedaan umum dengan atlet profesiona­l. Akhirnya, mereka menyatakan dukungan untuk membantu rencana kelanjutan tersebut,’’ katanya.

Di sisi lain, Junas berharap setiap klubaktifu­ntukjugabe­rkoordinas­i danmencari­alternatif­fasilitasl­atihan yang dibutuhkan.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? SUSAH BERLATIH: Dua pemain Louvre, Galank Gunawan (kiri) dan Michael Kolawole, saat tampil melawan Pacific Caesar dalam laga IBL 2020 di DBL Arena, Surabaya (8/3).
ANGGER BONDAN/JAWA POS SUSAH BERLATIH: Dua pemain Louvre, Galank Gunawan (kiri) dan Michael Kolawole, saat tampil melawan Pacific Caesar dalam laga IBL 2020 di DBL Arena, Surabaya (8/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia