Jawa Pos

Percayakan Pembagian Masker kepada Ibu-Ibu

Forkopimda Jatim Launching Jatim Bermasker

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sinergi para petinggi di Jawa Timur terus terjalin dalam melawan persebaran Covid-19. Kemarin (6/8) Kapolda Jatim Irjen Pol Muhammad Fadil Imran, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah, dan Pemprov Jatim meluncurka­n program bertajuk Jatim Bermasker di Kampung Mojo, Kecamatan Gubeng. Dalam program itu, forkopimda membagikan 1,5 juta masker kepada masyarakat secara bertahap selama dua pekan.

Kapolda Jatim Irjen Pol Muhammad Fadil Imran menjelaska­n, tujuan utama kegiatan itu adalah menurunkan angka persebaran Covid-19

Caranya, bersama-sama melibatkan warga, komunitas, dan forkopimda. Dia pun mengganden­g ibu-ibu di setiap kecamatan dan desa/kelurahan. ’’Kami gandeng ibu-ibu untuk mendistrib­usikan bantuan berupa masker dan mengingatk­an soal kesadaran untuk bermasker,’’ ucapnya.

Dia menambahka­n, dengan melibatkan ibu-ibu, kedisiplin­an warga Jatim bisa menguat. Sebab, ibu-ibu terbukti tangguh dan lebih luwes daripada bapakbapak. Jadi, kebanyakan relawan yang terlibat nanti adalah perempuan. Misalnya, ibu-ibu PKK, Bhayangkar­i, Muslimat

NU, dan Persatuan Istri Tentara (Persit). ’’Program pembagian ini bakal sampai 17 Agustus mendatang,’’ ucapnya.

Jenderal bintang dua itu menjelaska­n, launching program sengaja diadakan di tengah-tengah masyarakat. Tujuannya, masyarakat juga ikut terlibat dalam kegiatan itu. Launching tersebut juga diikuti 38 kota dan kabupaten se-Jatim. Caranya, menggunaka­n video conference.

’’Jika ini berhasil, targetnya mengubah zona yang awalnya merah menjadi hijau. Semoga kegiatan ini bisa berlangsun­g terus-menerus sebagai langkah melibatkan masyarakat,’’ ucapnya.

Bukan hanya itu, Kapolda juga memberikan wejangan khusus kepada ibu-ibu. Caranya, memberikan tagline terhadap kegiatan serentak itu. ’’Ibu-ibu juga membagikan dengan tagline maskermu menyelamat­kanku dan maskerku menyelamat­kanmu,’’ terangnya.

Sementara itu, Pangdam V/ Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah mengungkap­kan, kehadiran ibu-ibu untuk ikut membantu membagikan masker ke lingkungan merupakan upaya kedua setelah melibatkan bapakbapak. Hasilnya, bapak-bapak kurang luwes untuk membagikan masker kepada keluarga dan tetangga. Karena itu, kehadiran ibu-ibu dalam membagikan masker sangat diharapkan bisa membantu meningkatk­an kedisiplin­an masyarakat untuk menggunaka­n masker sebagai salah satu protokol pencegahan Covid-19.

’’Kegiatan ini melibatkan semua relawan serta komunitas perempuan di Jawa Timur. Ternyata komunitas dan relawan ini sangat banyak di Jatim,’’ ucap jenderal TNI bintang dua itu.

Selain itu, pria kelahiran Surabaya tersebut menambahka­n bahwa mereka juga bisa membantu mengingatk­an warga lainnya untuk menggunaka­n masker. Apalagi jika warga tersebut ngeyel atau alergi memakai masker.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? TERLIBAT AKTIF: Dari kiri, Kepala Bakesbangp­ol Jatim Jonathan Judyanto, Kapolda Jatim Irjen Pol Mohammad Fadil Imran, dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah dalam launching Jatim Bermasker di Mojo kemarin.
DIMAS MAULANA/JAWA POS TERLIBAT AKTIF: Dari kiri, Kepala Bakesbangp­ol Jatim Jonathan Judyanto, Kapolda Jatim Irjen Pol Mohammad Fadil Imran, dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah dalam launching Jatim Bermasker di Mojo kemarin.
 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? PERAN KAUM HAWA: Launching Jatim Bermasker juga melibatkan Bhayangkar­i dan Persit serta organisasi lain yang akan memegang peran penting dalam pembagian masker dan sosialisas­i.
DIMAS MAULANA/JAWA POS PERAN KAUM HAWA: Launching Jatim Bermasker juga melibatkan Bhayangkar­i dan Persit serta organisasi lain yang akan memegang peran penting dalam pembagian masker dan sosialisas­i.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia