Jawa Pos

Belajar Sejarah Sekaligus Inspirasi Berkreasi

Hadirkan Museum Mini dalam Perpustaka­an

-

SURABAYA, Jawa Pos – Perpustaka­an seakan hanya lekat dengan deretan buku di rak. Padahal, fungsi perpustaka­an bisa diwujudkan bukan hanya oleh buku. Bisa juga dalam bentuk museum mini. Misalnya, yang diwujudkan pada area masuk Perpustaka­an Universita­s Ciputra.

Deretan kotak kaca berisi terakota beragam bentuk diletakkan sebelum masuk ke ruang buku. Koleksi-koleksi tersebut diambil dari Museum Gubuk Wayang di Mojokerto. Ada juga wayang beber tentang Ande-Ande Lumut. Tema besar dari artefak yang dipajang adalah budaya Panji.

Cerita-cerita Panji lahir sekitar 200 tahun sebelum Majapahit yang melahirkan artefakart­efak tersebut. ’’Tapi, Panji digunakan Majapahit untuk menjadi cerita pemersatu,’’ ucap Michael N. Kurniawan, kepala Centre for Creative Heritage Studies, selaku kurator museum mini tersebut. Kisah-kisah Panji dihidupkan Majapahit untuk mempromosi­kan karakter baik seperti rasa setia dan teladan lainnya.

Tiap kotak kaca mewakili kelompok khusus. Misalnya, salah satu kotak kaca menampilka­n patung kepala perempuan dengan beragam aksesori yang dikenakan. Michael menuturkan, hal itu menunjukka­n keberagama­n.

Yehuda Abiel, pejabat sementara (Pjs) kepala biro perpustaka­an menuturkan museum mini tersebut hadir bukan hanya untuk belajar sejarah. Melainkan juga sebagai inspirasi kreasi masa kini. ’’Kami punya banyak koleksi buku terkait Majapahit. Tapi, ketika dihadirkan bendanya, pengunjung pasti lebih melirik,’’ imbuh Abi, sapaan Yehuda. Rasa tertarik itu bisa jadi awal untuk menghasilk­an kreasi baru dengan basis sejarah. Misalnya, komik atau cerita anak dengan sisipan sejarah.

’’Bukan hanya karya tulisan, misalnya. Bisa juga untuk fashion atau desain interior,’’ ucap Michael saat ditemui kemarin (6/8). Dalam dua kotak kaca lain juga ada kelompok benda serupa miniatur rumah, potongan genting, dan ukir-ukiran. ’’Ini bisa jadi inspirasi bagi mereka yang jurusan desain interior, misalnya,’’ paparnya.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? MUSEUM DI PERPUS: Adella Candra memotret salah satu display terakota di museum mini Perpustaka­an Universita­s Ciputra kemarin (6/8).
RIANA SETIAWAN/JAWA POS MUSEUM DI PERPUS: Adella Candra memotret salah satu display terakota di museum mini Perpustaka­an Universita­s Ciputra kemarin (6/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia