Jawa Pos

Tingkat Kesembuhan Rata-Rata 71 Persen

Gencarkan Rapid Test dan Kampung Tangguh

-

SURABAYA, Jawa Pos - Pandemi Covid-19 di Surabaya belum berakhir. Jumlah warga yang dinyatakan positif pun terus meningkat. Hingga kemarin, angkanya sudah tembus sembilan ribu kasus. Meski begitu, seiring berjalanny­a waktu, tingkat kesembuhan pasien Covid19 terus membaik.

Misalnya di Kecamatan Pabean Cantian. Di antara 196 orang yang terkonfirm­asi positif Covid-19, 146 pasien telah sembuh. Tingkat kesembuhan­nya mencapai 75 persen. Kepala Puskesmas Krembangan Selatan dr Dayanti Dadiningru­m mengatakan, tingkat kesembuhan di wilayah utara cukup baik karena pihaknya bergerak cepat. Mencari yang dinyatakan reaktif, lalu mengisolas­i dan memberikan perawatan sehingga kemungkina­n sembuh cukup tinggi.

Perempuan yang juga koordinato­r penanganan Covid-19 di Surabaya Utara itu menjelaska­n, selama dua hari terakhir rapid test digelar di sembilan wilayah Surabaya. Yakni, wilayah Kelurahan Krembangan Selatan, Kenjeran, Sidotopo, Sidotopo Wetan, Wonokusumo, Perak Timur, Morokremba­ngan, kawasan Jalan dr Soetomo, dan Tembok Dukuh.

Pihaknya menargetka­n 600 warga bisa melakukan tes cepat. Sayang, target tidak bisa tercapai. Masih banyak warga yang menolak. Alhasil, selama dua hari hanya 218 warga yang mengikuti tes cepat. Dari jumlah tersebut, 48 orang berstatus reaktif. ”Yang reaktif merata pada sembilan wilayah,” ucap dia. Penularan paling banyak dari tempat kerja. Sebab, pekerja di perkantora­n mulai masuk. Selain itu, penularan disebabkan warga yang berolahrag­a lebih dari dua orang.

Walaupun jumlah pasien Covid19 terus bertambah, tingkat kesembuhan juga makin baik. Di Kecamatan Krembangan, dari 490 orang yang positif Covid-19, 340 pasien telah sembuh. Tingkat kesembuhan mencapai 71 persen. ”Khusus di Krembangan Selatan, pasien yang sembuh sudah 202 orang, meninggal dunia 22 orang, dan rawat inap 28 pasien,” terang dia.

Camat Pabean Cantian Dewanto Kusumo Legowo menjelaska­n, tingkat kesembuhan merata di lingkungan tempat kerjanya. Antara lain, Kelurahan Bongkaran, Nyamplunga­n, Krembangan Utara, Perak Timur, dan Perak Utara.

Namun, tingkat kesembuhan paling tinggi dijumpai di Kelurahan Krembangan Utara. Di antara 43 orang yang terkonfirm­asi positif Covid-19, 35 pasien telah sembuh. Tingkat kesembuhan mencapai 81 persen.

”Selain kedisiplin­an warga, kampung tangguh berperan dalam menekan angka persebaran,” kata Dewanto kemarin (6/8). Karena itu, pembentuka­n kampung tangguh terus digencarka­n.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia