Jawa Pos

Sehari Kirim 14 Ribu Barang

Bisnis Online Pengaruhi Pengiriman Paket di Kantor Pos

-

SURABAYA, Jawa Pos – Ada kecenderun­gan pandemi Covid19 mengubah gaya berbelanja masyarakat. Sebagian orang mengurangi pembelian secara langsung dan memilih memesan secara online. Kondisi tersebut mendorong kenaikan pengiriman barang di kantor pos.

Berdasar catatan PT Pos Indonesia, ada kenaikan pengiriman barang via kantor pos di Surabaya pada Juli 2020. Jika dibandingk­an dengan Juni, pengiriman barang naik 10 persen. ’’Kami prediksi aktivitas pengiriman terus meningkat. Sekarang daya beli mulai masyarakat kian naik,’’ kata Kepala Kantor Pos Surabaya Dino Ariyadi kemarin (6/8).

Dia menambahka­n, sehari ratarata ada 14 ribu barang yang dikirim via kantor pos di Surabaya. Sebagian paket yang dikirim berisi sembako atau bahan makanan. Barang dikirim dari Surabaya menuju kabupaten-kabupaten di wilayah Jawa Timur. ’’Saya lihat kebanyakan pengiriman masih lingkup satu provinsi. Jadi, pengiriman tidak lama,’’ tambah Dino.

Dia menyebutka­n bahwa peningkata­n pengiriman paket saat pandemi dipengaruh­i banyak hal. Itu tak terlepas dari bertumbuhn­ya pebisnis online. Selain itu, program penjualan sembako murah dari pemerintah ikut mengerek pengiriman barang di kantor pos.

Meski begitu, kata Dino, kenaikan pengiriman barang lingkup Jatim tak diikuti antarpulau. Pengiriman antarpulau cenderung menurun. Menurut Dino, lesunya pengiriman antarpulau dipengaruh­i penurunan kuantitas penerbanga­n.

’’Kami coba mengikuti tren aktivitas masyarakat. Ada program delivery frozen food untuk membantu masyarakat,’’ kata Dino. Menurut dia, antusiasme masyarakat yang memanfaatk­an pengiriman daging dan ikan basah cukup tinggi. Terutama warga Surabaya.

Meskipun, layanan tidak mudah. Pengiriman daging maksimal harus tuntas sembilan jam. Diperlukan penanganan khusus untuk barang yang dikirim. ’’Soal itu, kami telah menyiapkan armada khusus. Ada ruang pendingin untuk barang yang dipesan masyarakat,’’ ungkap Dino.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? TERDORONG BISNIS ONLINE: Kesibukan di Kantor Pos Kebon Rojo kemarin. Jumlah paket yang dikirimkan terus meningkat.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS TERDORONG BISNIS ONLINE: Kesibukan di Kantor Pos Kebon Rojo kemarin. Jumlah paket yang dikirimkan terus meningkat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia