Jawa Pos

Gunakan Pelayanan Drive-thru untuk Pembatasan Fisik

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pelayanan publik harus beradaptas­i di tengah pandemi Covid-19. Mereka mengubah tata cara pelayanan demi memutus mata rantai persebaran virus korona jenis baru itu. Salah satunya, Samsat Giant Rajawali. Kantor pengurusan dokumen kendaraan bermotor tersebut kini menerapkan metode drive-thru.

Pembayar pajak atau pengurus administra­si kendaraan tidak perlu turun dari kendaraan miliknya. Pengelola Data

Pelayanan Perpajakan (PDPP) Samsat Surabaya Barat Arif Rahmanto mengatakan, perubahan pelayanan itu bertujuan memudahkan masyarakat membayar administra­si kendaraan bermotor. ”Dengan drive-thru tersebut, pembatasan jarak terbentuk dengan sendirinya,” ujarnya kemarin (6/8).

Pria yang juga bertugas di Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa timur itu menyebutka­n, dengan drive-thru di Samsat Giant, warga tak perlu ke kantor samsat di Surabaya Barat dan Utara. Antrean pun tak lagi menumpuk di dua kantor tersebut. Apalagi, saat ini warga bersemanga­t datang karena ada diskon pajak kendaraan bermotor. ”Program itu yang membuat warga datang. Apalagi, itu diperpanja­ng hingga 31 Agustus,” ucapnya.

Arif mengungkap­kan, beberapa petugas di lapangan juga berkelilin­g untuk mengecek apakah mereka yang menggunaka­n jasa drivethru tetap memakai masker. Kini pihaknya menyiapkan formula untuk pelaksanaa­n mobil samsat keliling. Tentu ketika beroperasi, layanan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat agar tidak terjadi kerumunan.

Robby Purnawiraw­an, pengguna jasa samsat, mengapresi­asi langkah pembayaran tersebut. Terlebih, dengan menerapkan drive-thru, pihaknya tidak perlu khawatir saat melakukan pembayaran. Sebab, pembatasan jarak fisik secara tidak langsung sudah diberlakuk­an.

 ?? AKHMAD KHUSAINI / JAWA POS ?? TIDAK PERLU TURUN: Warga bisa membayar pajak kendaraan bermotor di Samsat Giant Rajawali dari atas motornya
AKHMAD KHUSAINI / JAWA POS TIDAK PERLU TURUN: Warga bisa membayar pajak kendaraan bermotor di Samsat Giant Rajawali dari atas motornya

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia