Jawa Pos

Sumbangkan Ratusan Kantong Darah ke Lebanon

-

SURABAYA, Jawa Pos – Beberapa kegiatan menyemarak­kan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-56 Lanudal Juanda. Yakni, donor darah hingga tabur bunga di runway. Misinya pun beragam. Mulai menumbuhka­n jiwa sosial sampai belajar sejarah. Khususnya terkait awal mula keberadaan Lanudal Juanda.

Kegiatan donor darah dilakukan di Museum Puspenerba­l Juanda kemarin (7/8). Pesertanya berasal dari berbagai satuan. Termasuk para pimpinan di Lanudal dan Puspenerba­l. ”Alhamdulil­ah, ternyata antusiasme anggota di luar dugaan,” ucap Komandan Lanudal Juanda Kolonel Laut (P) Muhammad Tohir kemarin.

Target awal peserta hanya 56 pendonor. Ternyata yang mendaftar banyak. Angkanya sekitar 100. Faktornya pun banyak. Salah satunya, tumbuhnya jiwa sosial para anggota. Hal tersebut sangat dibutuhkan. Terlebih di tengah pandemi seperti sekarang. Beberapa

orang menghindar­i kegiatan donor. Akibatnya, stok darah berkurang. ”Darah yang terkumpul tersebut nanti dibawa PMI ke Jakarta. Akan disumbangk­an ke Lebanon. Tujuanya, membantu penanganan korban ledakan. Mengingat korban luka berat atau ringan jumlahnya banyak.”

Menurut Tohir, peserta donor akan didata rumah sakit. Ke depannya, dalam waktu yang ditentukan bakal diingatkan untuk donor darah. Dengan begitu, pihaknya turut menjaga pasokan darah. ”Yang jelas ini misi untuk kemanusiaa­n,” terangnya.

Tohir menambahka­n, terdapat empat kegiatan besar yang dilakukan dalam HUT Ke-56 ini. Mulai donor darah, ziarah, lomba dan seleksi panahan, hingga tabur bunga. Dengan acara itu, anggota diharapkan bisa merefleksi­kan perjalan sejarah yang sudah dilewati. Termasuk awal berdirinya Lanudal Juanda.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? JELANG HUT KE-56 LANUDAL: Anggota Lanudal maupun Puspenerba­l mendonorka­n darah kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS JELANG HUT KE-56 LANUDAL: Anggota Lanudal maupun Puspenerba­l mendonorka­n darah kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia