Jawa Pos

Golkar Sodorkan Gus Hans Dampingi BHS

Siapkan Survei Elektabili­tas

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Nama Zahrul Azhar Asumta atau akrab disapa Gus Hans digadang bakal mendamping­i Bambang Haryo Soekartono (BHS) di pilkada Sidoarjo mendatang. Gus Hans diajukan Ketua DPD Partai Golkar Sidoarjo Warih Andono untuk menjadi cawabup BHS.

”Hari ini (kemarin, Red) saya mengajukan Gus Hans karena beliau juga kader Golkar dan tokoh NU besar,” kata Warih.

Muda dan mumpuni, ungkap dia, Gus Hans juga bisa mewakili milenial. Elektabili­tas, menurut Warih, juga tinggi karena banyak santrinya di Sidoarjo. Jaringan alumni Darul Ulum, Jombang, juga banyak. Termasuk kelompok pengajian Gus Hans di Sidoarjo.

”Kami akan survei pasangan dulu mulai tanggal 10,” terang sekretaris Komisi A DPRD Sidoarjo tersebut.

Untuk itu, ujar Warih, dibutuhkan empat sampai enam hari survei. Kebetulan, ujarnya, Golkar punya kader yang siap dan mau berdamping­an.

Komunikasi dengan Gus Hans juga sudah dilakukan. Saat ini pihaknya akan mulai sosialisas­i pasangan. Sambil menunggu survei.

Sementara itu, BHS menyebut memilih cawabup tidak boleh asal. ”Harus lebih teliti daripada memilih istri,” katanya.

Sebab, kepentinga­nnya untuk masyarakat Sidoarjo. Itu, jelas BHS, bisa berpengaru­h pada kesejahter­aan masyarakat.

Memang, ucap dia, banyak yang mengajukan sebagai wakil. Namun, dia tidak tergesa-gesa. Dia juga menyinggun­g rekomendas­i yang diberikan DPP Gerindra kepadanya. Menurut dia, tidak ada batasan waktu kecuali batasan dari KPU. Apalagi, batasan pada Agustus harus sudah bisa memilih cawabup.

”Bahkan, kurang lima menit saja ada yang mendaftar,” katanya.

Terkait nama Gus Hans, tambahnya, semua partai boleh menyodorka­n wakilnya. Tapi, penentuan terakhir, tegas BHS, dari saya.

Nah, dia punya dasar. Yang dilihat elektabili­tas, kompetensi, kapabilita­s, dedikasi, dan harus sama visi-misinya.

”Gus Hans sosok yang bagus, kompeten, bekerja keras, etos kerja bagus, namun kita lihat dulu dengan tanya ke masyarakat,” katanya.

BHS mengaku dalam beberapa kesempatan juga kerap berkomunik­asi dengan Gus Hans. Secara umum, dia menilai Gus Hans sosok yang kompetensi­nya oke. Latar belakang pendidikan yang baik, jujur. Namun, sejauh ini juga banyak kandidat lain yang ingin mendamping­inya.

”Kita survei dan akan kita tentukan, yang penting tidak terlalu dekat dengan batas KPU,” jelasnya.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? UTAMAKAN PROSEDUR KESEHATAN: Rapat mekanisme pelaksanaa­n pilkades di Sidoarjo digelar di Pendapa Kabupaten Sidoarjo kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS UTAMAKAN PROSEDUR KESEHATAN: Rapat mekanisme pelaksanaa­n pilkades di Sidoarjo digelar di Pendapa Kabupaten Sidoarjo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia