Jawa Pos

Mahasiswa KKN Ubah Selokan Jadi Akuaponik

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Kurang lebih sebulan, 37 mahasiswa UPN Veteran Jatim melaksanak­an KKN di Desa Jati, Kecamatan Sidoarjo. Banyak kegiatan yang dilakukan. Mulai penyemprot­an disinfekta­n, penyuluhan protokol kesehatan, hingga pemberdaya­an masyarakat. Menariknya, mereka juga menyulap saluran buntu menjadi kolam lele.

Saat dikunjungi kemarin (6/8), suasana RT 2, RW 10, Desa Jati, tampak berbeda. Di sebagian depan rumah terdapat tong oranye. Isi tong itu bukan sampah, melainkan tempat budi daya lele. Di atasnya ditanami kangkung secara hidroponik.

Kondisi serupa tampak di selokan dekat balai RT. Saluran air limbah rumah tangga itu dimanfaatk­an menjadi kolam lele. Tentu airnya bersih. Tak bercampur dengan air got. ”Airnya bagus untuk nutrisi kangkung,” ujar Ketua Mahasiswa

KKN Kelompok 31 UPN Veteran Jatim Edwardo A. Sukma.

Edo –sapaan akrab Edwardo– menyampaik­an bahwa inovasi tersebut berawal dari keprihatin­an masyarakat setempat. Mereka mengeluh aliran selokan di dekat balai RT buntu. Akibatnya, banyak jentik nyamuk.

”Maka itu, kami ubah jadi kolam lele,” katanya.

Menurut Edo, budi daya lele sangat mudah dipraktikk­an. Warga, lanjut dia, bisa memanfaatk­an hasil dari ternak lele. Selain itu, kegiatan bercocok tanam bisa dilakukan. Secara hidroponik, beberapa jenis tumbuhan bisa ditanam di atas kolam tersebut.

”Ini namanya akuaponik,” terangnya.

Edo menyatakan, pemanfaata­n selokan menjadi akuaponik bertujuan menciptaka­n kondisi ramah lingkungan dan pemberdaya­an masyarakat. Harapannya, menurut dia, itu bisa menjadi ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19.

Di sisi lain, pria asli Lamongan itu mengatakan bahwa pihaknya juga membuat inovasi baru dalam pembuatan alat pelindung diri (APD). Yaitu, paduan masker dan face shield.

”Dikombinas­i jadi satu. Ya, pelindung wajah sekaligus hidung dan mulut,” lanjutnya. afvoer

 ??  ??
 ?? ROBY KURNIAWAN/JAWA POS ?? NOVASI: Mahasiswa KKN Kelompok 31 UPN Veteran Jatim bersama warga RT 2, RW 10, Desa Jati, Kecamatan Sidoarjo, memanfaatk­an saluran buntu untuk kolam lele dan tanaman hidroponik.
ROBY KURNIAWAN/JAWA POS NOVASI: Mahasiswa KKN Kelompok 31 UPN Veteran Jatim bersama warga RT 2, RW 10, Desa Jati, Kecamatan Sidoarjo, memanfaatk­an saluran buntu untuk kolam lele dan tanaman hidroponik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia