Jawa Pos

Penumpang KA Kembali Meningkat

-

MOJOKERTO, Jawa Pos– Jumlah penumpang di Stasiun Mojokerto perlahan mulai meningkat. Itu seiring bertambahn­ya operasiona­l perjalanan kereta api (KA) jarak jauh dan menengah. Kepala Stasiun Mojokerto Agus Wuljono mengatakan, sejak pandemi Covid-19, sejumlah operasiona­l KA dibatasi.

Mulai Agustus ini, secara bertahap PT KAI Daop 8 Surabaya kembali menambah dua perjalanan yang melintas di Stasiun Mojokerto. ”Minggu ini ada tambahan KA Wijayakusu­ma dan Pasundan,” paparnya kemarin. Namun, kata dia, pelayanan KA jarak jauh tersebut hanya berlangsun­g pada akhir pekan. Menurut Agus, KA Pasundan relasi Surabaya−Bandung maupun KA Wijayakusu­ma relasi Surabaya−Cilacap

itu dioperasik­an tiga hari dalam seminggu. ”Cuma jalan hari Jumat, Sabtu, dan Minggu,” jelasnya.

Dengan adanya tambahan dua lokomotif tersebut, jumlah penumpang ikut terkerek naik. Jika pada hari biasa rata-rata penumpang yang naik dari Stasiun Mojokerto berkisar 200−300 orang, pada akhir pekan jumlahnya sedikit bertambah menjadi 350−400 penumpang. ”Itu sudah mentok. Belum ada kenaikan yang siginfikan,” katanya.

Mantan kepala Stasiun KA Solo Jebres itu menyebutka­n, belum adanya lonjakan penumpang disebabkan berbagai faktor. Salah satunya terkait kebijakan rapid test yang masih menjadi persyarata­n bagi penumpang. Meski PT KAI telah menyediaka­n fasilitas rapid test di sejumlah tempat pemberhent­ian kereta, di Stasiun Mojokerto belum tersedia fasilitas tersebut.

Karena itu, lanjut Agus, jumlah penumpang yang cukup stabil adalah pada perjalanan KA Dhoho. Kereta lokal yang melayani rute Surabaya−Blitar itu juga telah ditambah menjadi lima armada dari sebelumnya dibatasi tiga kereta. KA Turangga relasi Surabaya Gubeng−Bandung dan KA Bima relasi Malang−Surabaya−Jakarta masih tetap beroperasi sejak Juli lalu. Namun, KA Jenggala Mojokerto−Sidoarjo hingga saat ini masih diparkir untuk menunggu izin pengoperas­ian perjalanan. ”Untuk Sidoarjo mungkin sudah diajukan, tapi jalannya entah kapan,” ungkap Agus.

 ?? RIZAL AMRULLOH ?? TAMBAH PERJALANAN: Kereta api melanjutka­n perjalanan setelah berhenti di Stasiun KA Mojokerto.
RIZAL AMRULLOH TAMBAH PERJALANAN: Kereta api melanjutka­n perjalanan setelah berhenti di Stasiun KA Mojokerto.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia