Jawa Pos

Pandemi, Pelanggar Lalu Lintas Menurun

-

SURABAYA, Jawa Pos – Operasi Patuh Semeru 2020 telah berakhir. Di Jatim total ada 125 ribu pelanggar. Jumlah tersebut mengalami penurunan dari operasi patuh di 2019 yang mencapai 200.732 pelanggar. Alasannya, tahun ini operasi patuh mengutamak­an kegiatan edukatif berupa sosialisas­i dan pemberian teguran.

Dirlantas Polda Jatim Kombespol Budi Indra Dermawan mengungkap­kan, operasi patuh telah berakhir dengan jumlah penurunan pelanggara­n. Selain dampak pandemi, ketertiban masyarakat dalam berkendara pada masa pandemi terbilang cukup baik. Jumlah pelanggara­n menurun jauh.

Berdasar data, Operasi Patuh 2020 di Jatim telah menindak 60.798 pelanggar. Mereka mendapatka­n surat tilang karena melakukan pelanggara­n yang kasatmata. Sementara itu, sisanya sebanyak 64.601 pengendara hanya mendapatka­n teguran.

Langkah itu juga diikuti dengan berbagai kegiatan sosialisas­i. Terutama penggunaan masker. Selain sosialisas­i, Polda Jatim memerintah­kan para personel untuk membagikan masker ke masyarakat. ”Minimal masker yang dibagikan para anggota ada 5 ribu per kegiatan selama operasi patuh,” terangnya.

Kasus terbanyak masih didominasi pelanggar sepeda motor, yakni berjumlah 50.160. Sementara itu, pelanggar lainnya berasal dari mobil penumpang sebanyak 5.796 pelanggar.

Kasatlanta­s Polrestabe­s Surabaya AKBP Teddy Chandra mengungkap­kan, penindakan tahun ini pada operasi patuh memang sedikit, kami hanya menekankan penindakan sebanyak 20 persen. Sisanya kegiatan pre-emtif dan preventif.

Kegiatan pre-emtif, misalnya, memberikan edukasi melalui media, selabaran pamflet, dan spanduk. Sisanya, yakni giat preventif, seperti pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroli. ”Makanya, turunnya sangat jauh. Di Surabaya, sebanyak 14.033 orang yang kami beri tindakan tegas berupa tilang. Tahun kemarin ada 42 ribu pelanggar yang kami berikan tilang. Karena penekanan pada operasi ini adalah membangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas sambil mengenakan masker,” terangnya.

 ?? AKHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? RAZIA: Polisi memeriksa kendaraan di Kedung Cowek.
AKHMAD KHUSAINI/JAWA POS RAZIA: Polisi memeriksa kendaraan di Kedung Cowek.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia