Jawa Pos

Beri Sentuhan Modern pada Lurik Jawa

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pandemi Covid-19 tidak menghalang­i semangat desainer Titin Sudarsa untuk berkarya. Setelah merilis Jena Series pada Mei lalu, dia menghadirk­an karya terbarunya bertajuk Zakiya Series.

”Jena terdiri atas satu set outer panjang dan masker warna senada. Tetapi, Zakiya ini berupa busana muslim yang dipadukan dengan kain Nusantara,” katanya kemarin (6/8). Kali ini, Titin mengangkat tenun lurik sebagai bahan utama Zakiya Series. Inspirasin­ya berasal dari strata sosial rakyat Jawa.

Titin mengombina­sikan lurik Jawa dengan kain tile dan katun polos untuk bagian rok. Tujuannya, memberi kesan modern dan tidak terasa formal saat dipakai sehari-hari. Dengan begitu, semua kalangan bisa menggunaka­nnya. ”Selain itu, kain katun sangat nyaman untuk dijadikan sebagai pelapis tile supaya tidak terawang. Nah, agar lebih elegan, saya pakai jenis katun yang agak mengilat,” ungkapnya.

Menurut dia, rancangan tersebut cocok untuk acara semiformal seperti arisan atau undangan lainnya. ”Targetnya wanita usia 25–55 tahun,” ucapnya.

Pesan yang ingin disampaika­n Titin lewat koleksi terbarunya itu adalah kita harus bisa menjaga kebudayaan Indonesia dan melestarik­annya agar terus berkembang dan tidak punah. Khususnya pada bahan-bahan ciri khas Jawa. ”Saya ingin wanitawani­ta modern masa kini bisa mempertaha­nkan wastra Nusantara seperti tenun lurik Jogja yang saya terapkan pada busana ini,” ujarnya.

Di sisi lain, dia juga tidak menampik telah mencintai kain-kain tradisiona­l Indonesia sejak lama. Bahkan, Titin rela berburu wastra Nusantara hingga pelosok. Beragam kain telah dia kreasikan. Antara lain, batik Trenggalek, Sumenep, dan Lamongan. ”Semua ini saya lakukan demi melestarik­an budaya Indonesia, khususnya Jatim. Kalau bukan kita, siapa lagi?” tuturnya.

 ??  ??
 ?? TITIN SUDARSA FOR JAWA POS ?? SERIAL: Model memamerkan karya terbaru Titin Sudarsa yang bertajuk Zakiya Series. Ada tiga warna yang diusung. Yaitu, merah, hijau, dan merah abu.
TITIN SUDARSA FOR JAWA POS SERIAL: Model memamerkan karya terbaru Titin Sudarsa yang bertajuk Zakiya Series. Ada tiga warna yang diusung. Yaitu, merah, hijau, dan merah abu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia