Jawa Pos

Bakal Bangun Boezem untuk Penyiraman Rumput

-

SURABAYA, Jawa Pos – Warga Lakarsantr­i akhirnya bisa bebas menggunaka­n Lapangan Gelora Putra Lakarsantr­i. Lapangan yang terletak di tanah BTKD tersebut direncanak­an sejak 2017. Lapangan yang merupakan bagian dari CSR PT Ciputra Developmen­t itu dibangun dengan fasilitas cukup lengkap. Mulai jogging track, kamar ganti, hingga kamar mandi. Tribun penonton mampu menampung 500 orang.

”Di Lakarsantr­i memang ada dua lapangan lain. Tapi, ini (Gelora Putra Lakarsantr­i, Red) paling besar dan lengkap,” papar Ketua LPMK Lakarsantr­i M. Zaenal Arifin. Tak tertutup kemungkina­n, lapangan tersebut dijadikan sebagai lapangan pendamping penyelengg­araan Piala Dunia U-20 nanti.

Proses serah terima dari pihak pembangun kepada wali kota melalui surat dan serah terima kepada pihak LPMK sudah selesai. Proses itu dilakukan setelah perawatan fisik sebulan terakhir. ”Terakhir saat peninjauan butuh perbaikan drainase dan ada keretakan dinding, sekarang sudah beres semua,” imbuh Zaenal.

Selanjutny­a, LPMK segera membentuk pengurus harian lapangan. ”Tugasnya tentu membuat tata tertib pemakaian dan pengelolaa­n keuangan,” sahut Wakil Ketua LPMK M. Khoirul. Lapangan GPL memang butuh perawatan cukup mahal. Terutama perawatan rumput yang berkualita­s lapangan nasional itu. Penyiraman dan pemupukan mesti rutin dilakukan agar tak menguning. ”Bisa habis sekitar Rp 15 juta per bulan untuk perawatan,” sambung Khoirul.

Untuk itu, pembanguna­n boezem juga akan dilakukan guna memenuhi kebutuhan penyiraman rumput. Jika pengelolaa­n secara swadaya masyarakat dirasa berat, Zaenal mungkin akan menggaet dispora. ”Mungkin nanti perawatan bisa dibantu dispora,” paparnya.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? SUDAH SERAH TERIMA: Lapangan Gelora Putra Lakarsantr­i punya fasilitas cukup lengkap. Rumput yang digunakan berkualita­s lapangan nasional.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS SUDAH SERAH TERIMA: Lapangan Gelora Putra Lakarsantr­i punya fasilitas cukup lengkap. Rumput yang digunakan berkualita­s lapangan nasional.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia