Jawa Pos

PDIP Mulai Sekolah Partai untuk Cakada

-

JAKARTA, Jawa Pos – Milai hari ini, PDI Perjuangan menggelar sekolah partai yang diperuntuk­kan bagi para calon kepala daerah.

Materi utama yang akan diberikan berupa Pancasila sebagai dasar kebijakan, perilaku, budaya, sekaligus nilai kepemimpin­an yang membawa kemajuan dalam seluruh aspek kehidupan.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyant­o mengatakan, sekolah partai angkatan I akan diadakan pada Jumat (21/8) pukul 14.00. Agenda itu menjadi tradisi intelektua­l dan jalan ideologi partai untuk melahirkan pemimpin yang visioner dan mengakar pada kehendak rakyat.

Menurut Hasto, saat yang lain baru sibuk manuver politik dengan alasan menyelamat­kan Indonesia, PDI Perjuangan sudah mengambil langkah nyata. ”Melalui partai, Indonesia yang lebih maju dan berkeadaba­n terus diperjuang­kan,” ujarnya.

Ketua DPP Bidang Kaderisasi dan Ideologi PDIP Djarot Saiful Hidayat menerangka­n, sekolah partai pada masa pandemi Covid-19 dilaksanak­an secara daring dan dibagi dalam tiga gelombang. Gelombang pertama akan diadakan selama lima hari yang diikuti 129 calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Tentu tetap memperhati­kan pembagian waktu Indonesia Timur, Tengah, dan Barat.

Ada lima materi pokok yang akan disampaika­n. Yakni, tentang ideologi Pancasila dan implementa­sinya dalam kebijakan pembanguna­n daerah, penyusunan visi-misi yang merupakan penjabaran ideologi Pancasila dan menjadi bagian dari visi nasional, serta tata kelola pemerintah­an yang bersih dari KKN dan berpihak pada rakyat. Ada juga materi tentang strategi pemenangan dalam pilkada dan testimoni best practices kepemimpin­an daerah dari kader PDIP.

Wacana ini kan sudah bergulir sejak 2015. Banyak yang menentang karena berlebihan dan tendensius.”

HIDAYAT NUR WAHID Wakil Ketua MPR

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia